Ahad 07 Mar 2021 14:31 WIB

Relasi KA Mutiara Timur Diperpanjang Hingga Yogyakarta

Perpanjangan operasi KA Mutiara Timur guna memenuhi transportasi masyarakat.

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Friska Yolandha
PT KAI Daop 8 Surabaya memperpanjang relasi KA Mutiara Timur.
Foto: Anadolu Agency
PT KAI Daop 8 Surabaya memperpanjang relasi KA Mutiara Timur.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- PT KAI Daop 8 Surabaya memperpanjang relasi KA Mutiara Timur. Sebelumnya, kereta ini hanya melayani perjalanan relasi Surabaya Gubeng-Ketapang, Banyuwangi PP. Adapun saat ini diperpanjang menjadi Yogyakarta-Surabaya Gubeng-Ketapang, Banyuwangi PP. 

“Perpanjangan operasi KA Mutiara Timur ini guna memenuhi transportasi masyarakat dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat,” ujar Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif di Surabaya, Ahad (7/3).

Baca Juga

Adapun rangkaian yang digunakan KA Mutiara Timur terdiri atas 4 kereta eksekutif dan 3 kereta ekonomi dengan kapasitas tempat duduk sesuai protokol kesehatan 308 penumpang. Luqman meningatkan, sesuai SE Kemenhub nomor 20 Tahun 2021, pelanggan Kereta Api Jarak Jauh diwajibkan menunjukkan surat keterangan negatif GeNose C19, Rapid Test Antigen, atau PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 3x24 jam sebelum jam keberangkatan.

"Bagi pelaku perjalanan dibawah umur 5 (lima) tahun tidak diwajibkan untuk tes RT-PCR atau rapid test antigen atau Genose test sebagai syarat perjalanan," ujar Luqman.

Guna memudahkan para penumpang KA dalam memenuhi persyaratan surat bebas Covid-19, PT KAI Daop 8 Surabaya bekerja sama dengan Rajawali Nusantara Indonesia menyediakan pelayanan Genose C19 tes dengan biaya Rp20.000 di tiga stasiun. Yaitu Stasiun Surabaya Gubeng, Stasiun Surabaya Pasarturi, dan Stasiun Malang. 

Selain itu, KAI Daop 8 juga menyediakan layanan rapid test antigen dengan biaya Rp 105 ribu di lima stasiun. Yaitu Stasiun Surabaya Gubeng, Stasiun Surabaya Pasarturi, Stasiun Malang, Stasiun Sidoarjo, dan Stasiun Mojokerto.

"Jadi pelanggan bisa memilih ingin menggunakan layanan Rapid Test Antigen atau GeNose C19 untuk melengkapi persyaratan surat bebas Covid-19nya,” kata Luqman. 

Selain KA Mutiara Timur,  berikut beberapa KA yang beroperasi untuk keberangkatan Stasiun Surabaya Gubeng pada Maret 2021 adalah:

1. KA Probowangi relasi Surabaya Gubeng - Ketapang pp

2. KA Argo Wilis relasi Surabaya Gubeng - Bandung pp

3. KA Jayabaya relasi Surabaya Gubeng - Pasarsenen pp

4. KA Sri Tanjung relasi Ketapang - Surabaya Gubeng - Lempuyangan pp

5. KA Sri Tanjung relasi Lempuyangan - Surabaya Gubeng - Ketapang pp

6. KA Jayakarta relasi Surabaya Gubeng - Pasarsenen pp

7. KA Bima relasi Surabaya Gubeng - Gambir pp

8. KA Turangga relasi Surabaya Gubeng - Bandung pp

9. KA Sancaka relasi Surabaya Gubeng - Yogyakarta pp

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement