Senin 08 Mar 2021 00:30 WIB

BTS Raih Global Recording Artist of The Year

BTS jadi artis pertama dengan pertunjukan dalam bahasa non Inggris.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Nora Azizah
Setelah menghabiskan tahun fenomenal dengan megahits
Foto: EPA-EFE/KIM HEE-CHUL
Setelah menghabiskan tahun fenomenal dengan megahits

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Setelah menghabiskan tahun fenomenal dengan megahits "Dynamite" dan "Life Goes On" pada 2020, BTS dinobatkan sebagai "Global Recording Artist of the Year" oleh sebuah organisasi yang mewakili industri rekaman dunia. Anugerah itu menandai pertama kalinya penghargaan diberikan untuk pertunjukan yang tampil dalam bahasa non Inggris.

Ini juga pertama kalinya seorang artis yang berbahasa selain Inggris dimasukkan ke dalam Global Artist Chart, selama tiga tahun berturut-turut. BTS menempati peringkat No. 2 di bagan pada 2018, yang disusun Federasi Internasional Industri Fonografi (IFPI) dan No. 7 dalam peringkat 2019.

Baca Juga

Dilansir The Korea Herald pada Ahad (7/3), penghargaan itu diberikan kepada artis terlaris tahun ini secara global, berdasarkan sejumlah pengukuran dalam format musik digital dan fisik selama tahun tersebut. “BTS adalah fenomena global,” kata Kepala Eksekutif IFPI, Frances Moore dalam sebuah pernyataan setelah mengumumkan pemenang tahun 2020.

Dalam pernyataannya, Moore menyebut BTS memiliki tahun yang luar biasa dengan merilis album, serta menemukan cara kreatif dan menarik untuk berbagi cerita dengan dunia. Moore menganggap grup K-pop beranggotakan tujuh orang itu telah membuktikan bagaiaman kekuatan musik mampu memberi kegembiraan dan kebahagiaan bagi orang-orang di seluruh dunia.

Pada 2020, BTS mengukir sejarah dengan "Dynamite," lagu berbahasa Inggris mereka yang menjadi lagu pertama artis Korea debut di No. 1 di chart single utama Billboard. "Life Goes On," juga menduduki puncak tangga lagu itu. “Life Goes On” adalah lagu pertama yang kebanyakan dinyanyikan dalam bahasa Korea bisa mencapai prestasi tersebut.

IFPI mengakui pencapaian BTS dalam industri musik di seluruh dunia. Map of the Soul: 7 yang dirilis pada Februari tahun lalu adalah salah satu album yang paling banyak dipesan penggemar musik. Album itu menduduki puncak penjualan di lebih dari 20 negara. Album berbahasa Jepang Map of the Soul: 7 ~The Journey~ milik BTS terjual lebih dari 500 ribu kopi hanya dalam dua hari.

Organisasi industri juga menyebutkan bagaimana "Dynamite" memecahkan rekor di YouTube dan Spotify, serta bagaimana "Life Goes On" meraih No. 1 di tiga benua. Selain BTS, artis lain yang berhasil mencapai Global Artist Chart sebagian besar berbasis di Amerika Utara. Taylor Swift menduduki peringkat No. 2, diikuti Drake, dan The Weeknd. Juga di antara 10 artis teratas adalah Billie Eilish, Post Malone, dan Ariana Grande.

Penghargaan IFPI itu datang menjelang Grammy Awards yang dijadwalkan pada 14 Maret (waktu AS). Menjadi grup pop Korea pertama yang menerima nominasi, BTS akan bersaing dalam kategori Best Pop Duo/Group Performance dengan lagunya "Dynamite".

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَلَا تَكُوْنُوْا كَالَّتِيْ نَقَضَتْ غَزْلَهَا مِنْۢ بَعْدِ قُوَّةٍ اَنْكَاثًاۗ تَتَّخِذُوْنَ اَيْمَانَكُمْ دَخَلًا ۢ بَيْنَكُمْ اَنْ تَكُوْنَ اُمَّةٌ هِيَ اَرْبٰى مِنْ اُمَّةٍ ۗاِنَّمَا يَبْلُوْكُمُ اللّٰهُ بِهٖۗ وَلَيُبَيِّنَنَّ لَكُمْ يَوْمَ الْقِيٰمَةِ مَا كُنْتُمْ فِيْهِ تَخْتَلِفُوْنَ
Dan janganlah kamu seperti seorang perempuan yang menguraikan benangnya yang sudah dipintal dengan kuat, menjadi cerai berai kembali. Kamu menjadikan sumpah (perjanjian)mu sebagai alat penipu di antaramu, disebabkan adanya satu golongan yang lebih banyak jumlahnya dari golongan yang lain. Allah hanya menguji kamu dengan hal itu, dan pasti pada hari Kiamat akan dijelaskan-Nya kepadamu apa yang dahulu kamu perselisihkan itu.

(QS. An-Nahl ayat 92)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement