Selasa 09 Mar 2021 14:22 WIB

Ini Obat Termahal di Dunia, Satu Dosis Rp 35 Miliar

Zolgensma merupakan obat termahal di dunia.

Rep: Zainur mahsir ramadhan/ Red: Dwi Murdaningsih
Obat (ilustrasi)
Foto: Livescience
Obat (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Baru-baru ini, Pemerintah Inggris dikabarkan telah menyetujui Zolgensma sebagai obat untuk merawat bayi dengan kelainan genetik fatal yang langka. Berdasarkan informasi, Zolgensma merupakan obat termahal di dunia dengan harga per dosisnya mencapai 1,79 juta poundsterling (Rp 35 miliar).

Dalam sebuah studi, Zolgensma, obat penyelamat hidup itu bisa memungkinkan mobilitas pada bayi yang mengalami kondisi genetik langka. Secara umum, Zolgensma adalah terapi gen berbasis vektor virus terkait adeno, yang diindikasikan untuk pengobatan pasien anak berusia kurang dari 2 tahun dengan atrofi otot tulang belakang (SMA).

Baca Juga

Terapi satu kali itu, diklaim bisa melawan penyakit genetik langka yang mampu menyebabkan kelumpuhan, kelemahan otot, dan hilangnya gerakan secara progresif.

Mengutip livemint Rabu (9/3) dalam sebuah penelitian, bayi yang lahir dengan SMA tipe 1 parah, memiliki harapan hidup selama dua tahun. Kondisi itu, biasanya menjadi bentuk paling umum dari penderita.

Namun, dalam penelitian itu, disebutkan jika Zolgensma yang diproduksi oleh Novartis Gene Therapies, mampu membantu bayi penyintas mendapatkan pencapaian seperti bernapas tanpa ventilator, duduk sendiri, merangkak, dan berjalan setelah perawatan infus tunggal.

Bahkan, berdasarkan data terbaru, zolgensma mampu menunjukkan hasil peningkatan fungsi motorik yang cepat dan berkelanjutan. Khususnya, untuk anak-anak dengan SMA tipe 1, sehingga diklaim mampu memperpanjang hidup mereka.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اِنَّ رَبَّكُمُ اللّٰهُ الَّذِيْ خَلَقَ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَ فِيْ سِتَّةِ اَيَّامٍ ثُمَّ اسْتَوٰى عَلَى الْعَرْشِۗ يُغْشِى الَّيْلَ النَّهَارَ يَطْلُبُهٗ حَثِيْثًاۙ وَّالشَّمْسَ وَالْقَمَرَ وَالنُّجُوْمَ مُسَخَّرٰتٍۢ بِاَمْرِهٖٓ ۙاَلَا لَهُ الْخَلْقُ وَالْاَمْرُۗ تَبٰرَكَ اللّٰهُ رَبُّ الْعٰلَمِيْنَ
Sungguh, Tuhanmu (adalah) Allah yang menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, lalu Dia bersemayam di atas ‘Arsy. Dia menutupkan malam kepada siang yang mengikutinya dengan cepat. (Dia ciptakan) matahari, bulan dan bintang-bintang tunduk kepada perintah-Nya. Ingatlah! Segala penciptaan dan urusan menjadi hak-Nya. Mahasuci Allah, Tuhan seluruh alam.

(QS. Al-A'raf ayat 54)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement