Kamis 11 Mar 2021 15:02 WIB

Sinabung Dua Kali Erupsi Pagi Ini

Erupsi disertai dengan awan panas guguran dengan jarak luncur maksimum 3.000 meter.

Red: Yudha Manggala P Putra
Erupsi Gunung Sinabung. Ilustrasi
Foto: EPA-EFE/DEDI SINUHAJI
Erupsi Gunung Sinabung. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Provinsi Sumatra Utara mengalami dua kali erupsi Kamis (11/3) pagi ini. Erupsi disertai dengan awan panas guguran dengan jarak luncur maksimum 3.000 meter.

Kepala Pos Pantau Gunung Sinabung Armen Putra mengatakan erupsi pertama terjadi pukul 07.37 WIB. Tinggi kolom abunya 1.000 meter ke arah barat dan barat daya."Amplitudo 40 mm dengan durasi 5 menit 38 detik," kata dia saat dihubungi dari Medan, Kamis (11/3).

Erupsi kedua berlangsung sekitar pukul 07.45 WIB dengan kolom abu setinggi 700 meter. Abu erupsi Gunung Sinabung terpantau dibawa angin menuju barat dan barat laut. "Amplitudo 26 mm dengan durasi 2 menit 47 detik," katanya.

Ia menyebut awan panas guguran Gunung Sinabung sejauh ini berlangsung selama dua kali. Guguran awan panas pertama terjadi sekitar pukul 09.22 WIB dengan jarak luncur sejauh 3.000 meter.

Sedangkan awan panas guguran kedua terpantau pukul 09.29 WIB dengan jarak luncur 2.000 meter dari puncak gunung. Gunung Sinabung yang ketinggiannya mencapai 2.460 meter di atas permukaan laut (mdpl) berada pada status Level III (Siaga).

Ia mengimbau warga maupun petani agar tidak melakukan aktivitas di desa-desa yang sudah direlokasi serta di lokasi di dalam radius 3 km dari puncak gunung. Selanjutnya radius sektoral 5 km untuk sektor selatan-timur, dan 4 km untuk sektor timur-utara.

Jika terjadi hujan abu, masyarakat diimbau memakai masker bila ke luar rumah untuk mengurangi dampak kesehatan dari abu vulkanis. "Masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung juga diminta agar tetap waspada terhadap bahaya lahar," demikian Armen Putra.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement