Jumat 12 Mar 2021 19:50 WIB

Vaksinasi Tahap Dua Dosis Satu di Tangerang Baru 71 Persen

Dari target 25 ribu orang, sudah 15 ribu divaksin tahap dua dosis satu di Tangerang.

Rep: Eva Rianti/ Red: Yudha Manggala P Putra
Vaksinator menyuntikkan vaksin Covid-19 kepada pedagang di Kabupaten Tangerang.
Foto: ANTARA/Fauzan
Vaksinator menyuntikkan vaksin Covid-19 kepada pedagang di Kabupaten Tangerang.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kabupaten Tangerang Hendra Tarmizi mengatakan, jumlah orang yang disuntik vaksin Covid-19 pada vaksinasi tahap dua dosis satu di Kabupaten Tangerang tercatat 15 ribu orang. Jumlah tersebut merupakan 71 persen dari total target yang divaksin sebanyak 25 ribu.

"Tahap dua (dosis satu) baru 71 persen. Jumlahnya kurang lebih 15 ribuan dari targetnya kita 25 ribu," ujar Hendra saat dihubungi, Jumat (12/3).

Dia menuturkan, pihaknya tidak mengalami kendala dalam pelaksanaan vaksinasi tahap dua dosis satu tersebut. Meski persentase capaian belum mencapai 100 persen atau belum rampung sesuai dengan target. "Kendalanya enggak ada sih, memang tinggal dalam proses saja," ujarnya.

Hendra menyebut, rumah sakit yang menjadi tempat vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Tangerang juga belum menyampaikan laporannya. Diketahui, jumlah faskes yg melayani vaksinasi di Kabupaten Tangerang meliputi 24 RS dan 44 puskesmas.

Menurut penuturannya, saat ini masih dilakukan vaksinasi petugas pelayanan publik, terutama bagi guru. Dia mengatakan, pihaknya masih menunggu kedatangan vaksin lagi yang akan diberikan kepada para guru karena kapasitasnya belum mencukupi.

"Kami memang menunggu vaksin lagi, enggak cukup. Guru kan banyak, bisa 30 ribuan, sementara total vaksinasi tahap dua untuk guru baru 15 ribuan, masih kurang dari 50 persen kalau untuk guru," terangnya.

Sementara itu, bagi lansia, Hendra mengatakan baru akan menjalankannya pada pekan ini. "Lansia baru mulai dalam minggu ini. Vaksinnya baru datang untuk yang lansia," katanya. Dia memastikan, pihaknya akan segera menyuntikkan vaksin kepada kalangan yang memang diprioritaskan saat ini, setiap mendapatkan jatah vaksin.

Diketahui, Pemerintah Kabupaten Tangerang mulai melakukan vaksinasi tahap dua bagi petugas pelayanan publik mulai Kamis (25/2) dan ditargetkan rampung hingga dosis dua pada akhir Maret 2021.

Sementara itu sebelumnya vaksinasi tahap satu bagi tenaga kesehatan (nakes) di Kabupaten Tangerang telah rampung.

Pada vaksinasi tahap satu dosis satu, jumlah nakes yang divaksin sebanyak 11.853 orang dari total 10.221, atau tercapai 116 persen. Adapun pada vaksinasi tahap satu dosis dua, jumlah nakes yang divaksin mencapai 10.683 orang atau tercapai 104,5 persen.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement