Sabtu 13 Mar 2021 15:53 WIB

Indonesia Triathlon Series 2021 Resmi Dibuka Gubernur

Olah raga yang menggabungkan tiga cabang olah raga ini menerapkan protokol kesehatan

Red: Hiru Muhammad
Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman melepas peserta Indonesia Triathlon Series 2021 di Pantai Sheraton Hotel Belitung, Sabtu (13/3).
Foto: istimewa
Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman melepas peserta Indonesia Triathlon Series 2021 di Pantai Sheraton Hotel Belitung, Sabtu (13/3).

REPUBLIKA.CO.ID, TANJUNG KELAYANG -- Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman melepas peserta Indonesia Triathlon Series 2021 di Pantai Sheraton Hotel Belitung, Sabtu (13/3).

Gubernur Erzaldi bangga dengan digelarnya event bergengsi ini, Babel dapat mengirimkan tiga atlet untuk turut berkompetisi sekaligus seleksi pada ajang Sea Games mendatang.

"Saya mendukung penuh para atlet Babel untuk mengharumkan nama Indonesia dikancah internasional, salah satunya olahraga trialthon yang termasuk cabang olahraga yang dipertandindakan pada ajang Sea Games," ujar Bang ER usai melepas peserta.

Dirinya menyampaikan salah satu dukungan yang dilakukan Pemprov. Babel untuk membina atlet Babel yakni dengan mengikutsertakan atlet pada ajang bergensi ini. Kedepan para atlet akan kita kirimkan pada ajang-ajang bergengsi lainnya.

Event di Pulau Belitung kali ini merupakan kompetisi Indonesia Triathlon Series pertama di tahun 2021, kerjasama antara Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf RI). Seri pertama yang dimulai di Belitung pada 13 Maret 2021 ini, akan berlanjut sepanjang tahun ini diberbagai destinasi super prioritas wisata lainnya di Tanah Air.

Sesuai dengan panduan dari Kemenparekraf RI, event olahraga yang menggabungkan tiga cabang olahraga yakni renang, atletik dan sepeda ini dilaksanakan dengan menggunakan protokol Covid-19 dengan Babel sebagai tuan rumah pertama ajang bergensi tersebut. 

Gubernur menambahkan berdasarkan informasi dari panitia pelaksana bahwa kompetisi pertama ini memang dibatasi jumlah pesertanya. Hanya peserta yang diundang saja, itupun pemberitahuan kepada beberapa komunitas Triathlon untuk mengirimkan perwakilan atlet hingga dihasilkanlah jumlah peserta sebanyak 35 orang.

"Pelaksanaan event ini dilakukan dengan skala terbatas mengingat sedang dalam masa Pandemi covid-19," dikatakan Gubernur Erzaldi dengan sangat percaya diri seperti saat kunjungan bulan lalu ke lokasi pelaksanaan Indonesia Triathlon Series bersama Menteri Sandi dalam meninjau persiapan pelaksanaan event ini.

Walau hanya diikuti oleh 35 orang peserta, Indonesia Triathlon Series ini merupakan ajang bergengsi nasional yang dilaksanakan di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Kelayang, Kabupaten Belitung yang merupakan salah satu kawasan pariwisata andalan Babel. 

Rute pertama yang ditempuh peserta adalah renang sejauh satu 1 km dari Pulau Pegadoran di seberang hingga ke bibir pantai Sheraton hotel. Kemudian peserta melanjutkan bersepeda sejauh 32 km dan berlari sejauh 5,4 km. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement