Rabu 17 Mar 2021 08:40 WIB

Pembangunan JIS, Anies: Kini Mencapai 50,4 Persen

'JIS ini bukan hanya fasilitasi olahraga tapi juga fasilitasi bertemunya masyarakat.'

Rep: Flori Sidebang / Red: Ratna Puspita
Pekerja menyelesaikan perakitan rangka atap saat pembangunan Jakarta International Stadium (JIS) di Papanggo, Tanjung Priok, Jakarta.
Foto: ANTARA/Muhammad Adimaja
Pekerja menyelesaikan perakitan rangka atap saat pembangunan Jakarta International Stadium (JIS) di Papanggo, Tanjung Priok, Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengungkapkan, pembangunan proyek Jakarta International Stadium (JIS) di Jakarta sudah mencapai 50,4 persen. Pembangunan JIS sudah memasuki minggu ke-80. “Separuh jalan lagi," tulis Anies sampaikan melalui akun Instagram miliknya @aniesbaswedan saat melakukan peninjauan langsung, Selasa (16/3), seperti dikutip, Rabu (17/3).

Anies menjelaskan, nantinya JIS memiliki tribun tiga tingkat yang mampu menampung sebanyak 82 ribu penonton. Bangunan itu juga dibuat dengan tinggi 85 meter, lebar 258 meter, dan panjang 279 meter. 

Baca Juga

"Sepenuhnya sesuai dengan standar FIFA dan standar green building," ujarnya. 

Selain itu, Anies pun berharap JIS tidak hanya memfasilitasi kegiatan olahraga, tetapi juga wadah bertemunya semua unsur masyarakat di Jakarta. "Sepak bola bukan sekadar olahraga tapi juga alat pemersatu karena itu nanti hadirnya JIS ini bukan hanya memfasilitasi kegiatan olahraga tapi juga memfasilitasi bertemunya semua unsur yang ada di Ibu Kota," jelas mantan Menteri Pendidikan dan Budaya itu. 

Sebelumnya, Direktur Proyek JIS Iwan Takwin mengatakan, realisasi pembangunan stadion pada minggu ke-79 telah mencapai 49,94 persen. Iwan menjelaskan, pembangunan proyek tetap dilanjutkan meski akhir-akhir ini Ibu Kota diterjang cuaca ekstrem.

Menurut Iwan, cuaca ekstrem cukup menjadi kendala karena terjadi saat pihaknya melakukan konstruksi di ketinggian. Terutama, kata dia, JIS dirancang dengan tiga tier untuk tribun penonton.

"Cuaca ekstrem cukup menjadi kendala akhir-akhir ini, seperti hujan deras dan kecepatan angin yang sangat tinggi serta di waktu bersamaan pengerjaan proyek sedang dalam tahap beberapa pekerjaan di ketinggian. Terlebih JIS dirancang memiliki 3 tier tribun penonton," kata Iwan dalam keterangan tertulis resminya, Rabu (10/3). 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement