Kamis 18 Mar 2021 07:35 WIB

Keutamaan Membaca Surat Al-Ikhlas

Al-Ikhlas merupakan surat yang disetarakan dengan sepertiga Alquran.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Ani Nursalikah
Keutamaan Membaca Surat Al-Ikhlas. Surat Al-Ikhlas
Foto: Republika/ Nashih Nashrullah
Keutamaan Membaca Surat Al-Ikhlas. Surat Al-Ikhlas

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Terdapat beberapa keutamaan bagi kaum Muslimin yang membaca surat Al Ikhlas. Di antara hal yang dibutuhkan umat Islam terkait ilmu tajwid mencakup qiraah, hukum syariat, dan wawasan keislaman Alquran, maka umat dituntut mengetahui hadits sahih tentang keutamaan surat Alquran.

Dikutip dari buku Tajwid Lengkap Asy-Syafi'i karya Abu Ya'la Kurnaedi, surat Al Ikhlas merupakan surat yang disetarakan dengan sepertiga Alquran. Rasulullah bersabda,

Baca Juga

والذي نفسي بيده إنها لتعدل ثلث القرآن 

"Demi dzat yang jiwaku berada di tangan-Nya, sesungguhnya ia (surat Al Ikhlas) sebanding dengan sepertiga Alquran," (HR Bukhari).

"Apakah salah satu di antara kalian sanggup membaca sepertiga Alquran pada malam hari?" Hal ini membuat para sahabat terasa berat, maka mereka bertanya-tanya: "Siapa di antara kita yang sanggup melakukannya, wahai Rasulullah?" Beliau menjawab: "Qul huwa-llahu ahad, Allahush sham ad (surat Al Ikhlas) adalah sepertiga Alquran," (HR Bukhari).

من قرأ (قل هو الله أحد) عشر مرات بنى الله له بيتا فى الجنة 

"Barang siapa membaca: 'Qul huwa-llahu ahad' sepuluh kali, maka Allah membangunkan untuknya rumah di surga" hadits ini disahihkan oleh Syaikh al-Albani dalam As-Silsilah Shahihah, dan Shahihul Jami dari Muadz bin Jabal. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement