Ahad 21 Mar 2021 16:10 WIB

Mahasiswa ITS Buat Cat dan Stiker Penangkal Covid-19

Mahasiswa ITS membuat cat dan coating stiker dengan teknologi nano.

Red: Dwi Murdaningsih
Ilustrasi Covid-19
Foto: Pixabay
Ilustrasi Covid-19

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Sejumlah mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya menciptakan cat dan coating stiker antibakteri yang juga dinyatakan ampuh menangkal COVID-19. Mereka tergabung dalam Tim Pusat Penelitian Material Maju dan Teknologi Nano.

Ketua Tim Peneliti Dr Agung Kurniawan, ST, M.Eng, mengungkapkan pelapisan (coating) permanen antibakteri dan COVID-19 pada cat dan stiker yang dibuatnya menggunakan bahan nano copper atau tembaga."Kami melakukan riset sejak Juni 2020 bekerja sama dengan Institute of Tropical Disease Universitas Airlangga Surabaya," ujarnya, Jumat (19/3).

Baca Juga

Agung mengisahkan, semula membuat stiker kaper namun setelah diuji ternyata tidak menunjukkan hasil optimal. Mereka kemudian kembali melakukan penelitian dengan organ partikel, dicampur dengan organ coating ternyata belum optimal.

"Akhirnya kami improve menggunakan nano partikel dan berhasil," ucapnya.

Menurutnya hasil uji cat dan stiker menggunakan nano partikel menyatakan 99,99 persen virus mati dalam satu jam. Produk temuannya itu diberi nama CoFilm, yang sebagai laboratorium uji, telah diaplikasikan di gagang pintu hingga meja Medical Center ITS.

"Cat dan stiker CoFilm ini bisa dimanfaatkan di mana saja secara permanen. Artinya tidak sekali pakai dibuang. Tapi ada jangka waktu tertentu. Kami gunakan coating stiker teknologi nano copper untuk melihat secara langsung masa bertahan dari produk yang dipasang," ucapnya menjelaskan.

Dia mengatakan teknologi uji nano copper atau tembaga pada cat dan stiker hasil inovasinya itu hingga kini masih terus dikembangkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement