Ahad 21 Mar 2021 16:56 WIB

Berawal dari Hobi, Mahasiswa UBSI Raih Omset Ratusan Juta

Pesannya: Mulailah dari hobi kalian, lalu coba hobi itu kalian jadikan uang.

Red: Irwan Kelana
Bermula dari hobi, mahasiswa Universitas BSI Solo, Kunto Agus Mardono berhasil mengembangkan bisnis yang menghasilkan omset ratusan juta rupiah per tahun.
Foto: Dok UBSI
Bermula dari hobi, mahasiswa Universitas BSI Solo, Kunto Agus Mardono berhasil mengembangkan bisnis yang menghasilkan omset ratusan juta rupiah per tahun.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO – Memiliki idola bisa memberi dorongan motivasi lebih. Kekaguman terhadap idola bisa memberi motivasi  untuk membantu meraih keinginan di masa depan. Seperti Kunto Agus Mardono, mahasiswa program studi (Prodi) Sistem Informasi (SI) Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Solo ini berhasil mengembangkan usaha dari hobinya sendiri.

“Sejak duduk di bangku SMK, saya sangat suka bermain komputer. Dengan kegemaran ini, saya mulai belajar programming dari komputer hingga menekuni langkah-langkah pengembangan software,” tutur Kunto, sapaan akrabnya, melalui rilis, Selasa (16/3).

Kunto mengaku sangat mengidolakan Bill Gates, pemilik Microsoft yang menjadi orang terkaya karena penemuannya yang luar biasa. Ia selalu menjadikan Bill Gates sebagai penyemangat dalam proyek yang ia dapatkan dari para customernya.

“Saat ini saya sudah berhasil membangun sebuah CV bersama teman-teman. Usaha tersebut  kami beri nama CV Cipta Media Creative. CV tersebut bergerak  di bidang pembangunan software custom,” ujarnya.

Kunto merasa bersyukur bisa kuliah di Universitas BSI. Alasanya, Universitas BSI punya wadah inkubator bisnis teknologi yaitu Incubator Center (IC) UBSI yang mendukung hobi dan usahanya menjadi pengusaha sukses di bidang pembangunan software custom.

“Bermula dari hobi, lama-kelamaan saya berpikir untuk menciptakan lapangan pekerjaan serta menghasilkan uang dengan apa yang saya sukai dan saat ini saya sudah berhasil membangun CV ini,” ungkapnya.

Ia juga mengaku bahwa saat ini sudah membawahi 15 karyawan, baik tetap maupun freelance. Omset perusahaannya tahun lalu mencapai  Rp 285 juta. Usaha yang ia rintis sejak tahun 2014 ini, terus ia kembangkan sambil berkuliah di Universitas BSI sampai akhirnya membangun CV di tahun 2018.

“Bagi teman-teman yang ingin berwirausaha, saran saya mulailah dari hobi kalian, lalu coba hobi tersebut kalian jadikan uang. Berwirausaha tidak melulu mengenai modal besar, yang terpenting adalah tekad yang besar untuk meraih kesuksesan,”  ujarnya.

Saat ini Kunto tengah mengikuti kompetisi bisnis yang diselenggarakan oleh IC UBSI yaitu Wiramuda Business Competition 2021.  Ia berhasil lolos seleksi proposal bisnis dan akan maju pada babak selanjutnya.

“Saya berharap mendapatkan ilmu yang lebih banyak lagi tentang entrepreneurship, dan juga bisa menjadi seorang entrepreneur sukses dengan mengikuti kompetisi Wiramuda Business Competition 2021,” tandasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement