Selasa 23 Mar 2021 11:27 WIB

Kementerian BUMN Siap Bantu Vaksinasi Lansia di Jateng

Sentra Vaksinasi Bersama BUMN di PRPP Semarang ditargetkan memvaksin 5.000 orang.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Nidia Zuraya
Menteri BUMN Erick Thohir memantau pembukaan Sentra Vaksinasi Bersama BUMN di Semarang, Jawa Tengah, Ahad (21/3).
Foto: Dok. Kementerian BUMN
Menteri BUMN Erick Thohir memantau pembukaan Sentra Vaksinasi Bersama BUMN di Semarang, Jawa Tengah, Ahad (21/3).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) siap melaksanakan sentra vaksinasi bersama BUMN untuk para lansia di Jawa Tengah. Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan sebagai tahap awal, Kementerian BUMN menggelar sentra vaksinasi bersama BUMN untuk area Semarang sejak Ahad (21/3).

"Kami dari Kementerian BUMN bersama BUMN juga melakukan percepatan kepada garda terdepan untuk BUMN dan lansia siapapun membawa KTP Semarang atau nantinya bertahap Jawa Tengah kita bantu vaksinasi," ujar Erick saat memantau pelaksanaan sentra vaksinasi bersama BUMN di Semarang, Selasa (23/3).

Baca Juga

Erick menyampaikan terima kasih atas dukungan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Pemerintah Kota Semarang serta Kementerian Kesehatan yang secara maksimal mendukung pelaksanaan sentra vaksinasi bersama BUMN.

"Kita berharap sentra vaksinasi bersama BUMN di Semarang bisa berjalan baik sehingga target lima ribu sehari untuk dua bulan dapat tercapai," ungkap Erick.

Inisiasi pembukaan Sentra Vaksinasi Bersama BUMN di Semarang dilakukan Menteri BUMN Erick Thohir yang juga dihadiri Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi pada Ahad (21/3).

Erick mengatakan keberadaan sentra vaksin di PRPP itu juga ditujukan bagi kalangan lansia dan pekerja layanan publik BUMN.

Erick menyampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengarahkan Kementerian BUMN, Kemenkes, dan pemerintah daerah melakukan percepatan program vaksinasi tahap kedua yang menargetkan lansia dan garda terdepan karyawan BUMN. 

"Tadi setelah bicara dengan Pak Ganjar dan juga Wali Kota, ada banyak lansia di Jateng, maka kami tengah merancang kota-kota lainnya di Jawa Tengah," ujar Erick.

Menurut Erick, Sentra Vaksinasi Bersama BUMN di PRPP Semarang juga ditargetkan memvaksin lima ribu warga setiap harinya agar herd immunity segera terwujud. 

"Terlebih, khusus di kota Semarang 

ini ada sekitar 194 ribu lansia, dan secara keseluruhan terdapat 3 juta lansia di seluruh Jawa Tengah. Jadi pemilihan provinsi untuk dibangun sentra vaksin ini sudah tepat," lanjut Erick.

Dalam waktu dekat, ucap Erick, Kementerian BUMN akan membangun titik lain Sentra di kota Solo dan Banyumas. Erick mengatakan Sentra Vaksinasi Bersama BUMN di PRPP, Semarang, akan berjalan selama dua bulan. 

Untuk mendukung operasional sentra, ungkap Erick, sebanyak 190 tenaga kesehatan yang terdiri atas 35 dokter dan 155 perawat yang berasal dari Holding Rumah Sakit BUMN, Pertamedika Indonesia Healthcare Corporation (IHC) dan RS setempat di Semarang.

"Direncanakan pada setiap minggu akan ada sentra-sentra baru dibangun Kementerian BUMN secara merata sehingga usaha untuk mewujudkan Indonesia Sehat semakin cepat terlaksana," ungkap Erick.

Sentra Vaksinasi Bersama BUMN di PRPP Semarang telah membuka tautan pendaftaran vaksinasi khusus lansia yang bisa diakses di: https://loket.com/event/vaksinasi-covid-19-untuk-lansia-ib14.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement