Rabu 24 Mar 2021 11:58 WIB

Pfizer Mulai Uji Coba Tahap Awal Obat Oral Covid-19

Obat oral Covid-19 nantinya dapat diresepkan pada pasien dengan gejala awal infeksi.

Red: Nora Azizah
Pfizer memulai uji coba tahap awal obat antivirus Covid-19 oral yang dapat diresepkan untuk pasien dengan gejala awal infeksi menurut perusahaan pada Selasa (23/3).
Foto: EPA-EFE/TANNEN MAURY
Pfizer memulai uji coba tahap awal obat antivirus Covid-19 oral yang dapat diresepkan untuk pasien dengan gejala awal infeksi menurut perusahaan pada Selasa (23/3).

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Pfizer memulai uji coba tahap awal obat antivirus Covid-19 oral yang dapat diresepkan untuk pasien dengan gejala awal infeksi. Pfizer yang mengembangkan vaksin Covid-19 berlisensi pertama di Amerika Serikat bersama mitranya asal Jerman BioNTech, mengatakan, kandidat antivirus menunjukkan potensi perlawanan terhadap SARS-CoV-2, virus penyebab Covid-19 dalam riset laboratorium.

Kandidat Pfizer yang bernama PF-07321332 merupakan inhibitor protease yang mencegah virus melakukan replikasi di dalam sel. Inhibitor protease efektif dalam mengobati patogen virus lainnya, seperti HIV dan virus hepatitis C, baik secara mandiri maupun digabungkan dengan antivirus lainnya, kata perusahaan.

Baca Juga

Pfizer meyakini bahwa kelas molekul ini dapat memberikan pengobatan yang dapat ditoleransi dengan baik melawan Covid-19. Sebab, pengobatan yang dipasarkan saat ini yang berfungsi pada jalur serupa belum melaporkan masalah keamanan. Perusahaan juga sedang mengkaji kandidat antivirus yang diberikan secara intravena dalam uji coba tahap awal pasien Covid-19 rawat inap.

"Keduanya (kandidat antivirus oral dan intravena) memiliki potensi untuk membentuk paradigma pengobatan saling terkait yang menyempurnakan vaksinasi di mana kasus infeksi masih terjadi," kata Kepala Medis Pfizer Mikael Dolsten melalui pernyataan, dilansir dari reuters, Rabu (24/3).

Kandidat Pfizer membuntuti dua kandidat obat antivirus oral lainnya, yang kini dalam uji coba tahap menengah yang dikembangkan oleh pesaing Merck & Co bersama Ridgeback Bio dan Roche Holding yang bermitra dengan Atea Pharmaceuticals. Remdesivir produksi Gilead Sciences saat ini merupakan satu-satunya obat yang direstui Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) untuk pengobatan Covid-19.

Baca juga: 13 Makanan Ini 'Dilarang' Dimakan pada Pagi Hari

FDA mengeluarkan izin penggunaan darurat untuk pengobatan intravena buatan Eli Lilly bamlanivimab saja dan yang dikombinasikan dengan etesevimab, dan pengobatan gabungan dari Regeneron.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
حُرِّمَتْ عَلَيْكُمُ الْمَيْتَةُ وَالدَّمُ وَلَحْمُ الْخِنْزِيْرِ وَمَآ اُهِلَّ لِغَيْرِ اللّٰهِ بِهٖ وَالْمُنْخَنِقَةُ وَالْمَوْقُوْذَةُ وَالْمُتَرَدِّيَةُ وَالنَّطِيْحَةُ وَمَآ اَكَلَ السَّبُعُ اِلَّا مَا ذَكَّيْتُمْۗ وَمَا ذُبِحَ عَلَى النُّصُبِ وَاَنْ تَسْتَقْسِمُوْا بِالْاَزْلَامِۗ ذٰلِكُمْ فِسْقٌۗ اَلْيَوْمَ يَىِٕسَ الَّذِيْنَ كَفَرُوْا مِنْ دِيْنِكُمْ فَلَا تَخْشَوْهُمْ وَاخْشَوْنِۗ اَلْيَوْمَ اَكْمَلْتُ لَكُمْ دِيْنَكُمْ وَاَتْمَمْتُ عَلَيْكُمْ نِعْمَتِيْ وَرَضِيْتُ لَكُمُ الْاِسْلَامَ دِيْنًاۗ فَمَنِ اضْطُرَّ فِيْ مَخْمَصَةٍ غَيْرَ مُتَجَانِفٍ لِّاِثْمٍۙ فَاِنَّ اللّٰهَ غَفُوْرٌ رَّحِيْمٌ
Diharamkan bagimu (memakan) bangkai, darah, daging babi, dan (daging) hewan yang disembelih bukan atas (nama) Allah, yang tercekik, yang dipukul, yang jatuh, yang ditanduk, dan yang diterkam binatang buas, kecuali yang sempat kamu sembelih. Dan (diharamkan pula) yang disembelih untuk berhala. Dan (diharamkan pula) mengundi nasib dengan azlam (anak panah), (karena) itu suatu perbuatan fasik. Pada hari ini orang-orang kafir telah putus asa untuk (mengalahkan) agamamu, sebab itu janganlah kamu takut kepada mereka, tetapi takutlah kepada-Ku. Pada hari ini telah Aku sempurnakan agamamu untukmu, dan telah Aku cukupkan nikmat-Ku bagimu, dan telah Aku ridai Islam sebagai agamamu. Tetapi barangsiapa terpaksa karena lapar, bukan karena ingin berbuat dosa, maka sungguh, Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang.

(QS. Al-Ma'idah ayat 3)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement