Jumat 26 Mar 2021 03:04 WIB

Dorong Industri Baja, Kemenperin Apresiasi Langkah KS

Produk HRC Krakatau Steel diharapkan dapat mengisi pasar baja nasional.

Rep: Iit Septyaningsih/ Red: Nidia Zuraya
Logo baru PT Krakatau Steel (Persero) Tbk
Foto: facebook.com/krakatausteelofficial
Logo baru PT Krakatau Steel (Persero) Tbk

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mendorong industri baja di dalam negeri meningkatkan daya saing dan produktivitasnya. Dengan begitu, mampu berkontribusi dalam program substitusi impor sebesar 35 persen pada 2022.

"Kami memberikan apresiasi kepada PT Krakatau Steel (PTKS) dengan perluasan fasilitas produksinya yang berkontribusi terhadap program substitusi impor yang dicanangkan pemerintah," ujar Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita saat melakukan peninjauan proyek Hot Strip Mill #2 (HSM 2) Krakatau Steel di Cilegon, Kamis (25/3). Ia menambahkan, Krakatau Steel merupakan perusahaan kebanggaan Indonesia yang telah melakukan banyak perubahan dan kemajuan. 

“Transformasi Krakatau Steel berjalan dengan baik. Terutama karena sekarang sudah menjadi perusahaan publik. Apalagi dengan dioperasikannya pabrik HSM 2, HRC PTKS menjadi 3,9 juta ton per tahun,” jelas Agus. 

Menperin menyebutkan, hasil kunjungan tersebut akan disampaikan kepada Presiden agar beliau bisa langsung hadir memastikan perluasan fasilitas HSM 2 tersebut. "Rencananya investasi sebesar 521 juta dolar AS ini akan diresmikan oleh Presiden RI pada minggu ketiga April mendatang," ujar dia. 

"Kapasitas produksi pada tahap pertama sebesar 1,5 juta ton Hot Rolled Coil (HRC) per tahun. Untuk tahap selanjutnya ditargetkan meningkat menjadi 4 juta ton HRC per tahun," jelas Agus.

Produk HRC tersebut diharapkan dapat mengisi pasar baja nasional, terutama untuk supply chain otomotif dan pengembangan infrastruktur yang semakin didorong agar meningkat. "Kami percaya ini akan memberi kontribusi signifikan, khususnya bagi industri otomotif," ujar Agus. 

Menperin meyakini, kinerja yang ditunjukkan Krakatau Steel saat ini dapat menjaga kepercayaan publik dan investor terhadap perusahaan baja kebanggaan Indonesia tersebut. "Kami yakin KS dapat berkembang dan menjalankan bisnisnya dengan penuh kredibilitas, sehingga pemerintah memberikan dukungan dalam bentuk perlindungan kepada perusahaan ini," kata dia. 

Direktur Utama Krakatau Steel Silmy Karim menyampaikan, produk utama dari HSM 2 ini yakni produk baja HRC yang didedikasikan guna memenuhi pasar otomotif berspesifikasi kualitas tinggi. "Dengan dioperasikannya pabrik HSM 2, kapasitas produksi HRC Krakatau Steel bertambah 1,5 juta ton per tahun," jelasnya.

Ia menambahkan, produksi eksisting HSM PTKS saat ini mencapai 2,4 juta ton. Artinya dengan penambahan 1,5 juta ton dari pabrik HSM 2, kapasitasnya menjadi jadi 3,9 juta ton per tahun. 

"Kami bisa berkontribusi terhadap market HRC lokal sebesar 65 persen. Lali sisanya didukung oleh industri lainnya di dalam negeri," kata Agus.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement