Jumat 26 Mar 2021 00:05 WIB

5 Minuman Populer yang Berdampak Buruk Bagi Jantung

Kesehatan jantung dipengaruhi ragam faktor, salah satunya minuman yang dikonsumsi.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah
Kesehatan jantung dipengaruhi ragam faktor, salah satunya minuman yang dikonsumsi.
Foto: www.freepik.com.
Kesehatan jantung dipengaruhi ragam faktor, salah satunya minuman yang dikonsumsi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penyakit kardiovaskular merupakan penyebab kematian terbesar di dunia di mana salah satu yang mendominasi adalah kasus serangan jantung. Oleh karena itu, penting untuk melakukan beragam upaya demi menjaga kesehatan jantung, salah satunya melalui pola makan.

Serangan jantung terjadi ketika aliran darah ke jantung terhambat atau tersumbat. Penyebab utama sumbatan ini adalah penumpukan plak yang dikenal sebagai aterosklerosis. Aterosklerosis dapat membuat arteri menjadi menyempit dan keras sehingga menghambat aliran darah.

Baca Juga

Serangan jantung biasanya disebabkan oleh penyakit jantung. Jenis penyakit jantung yang paling sering berujung pada serangan jantung adlaah penyakit jantung koroner.

Menurut data dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC), satu dari lima kasus serangan jantung terjadi tanpa disadari. Artinya, ada sekitar 20 persen individu dengan serangan jantung yang tak sadar mereka pernah mengalaminya. Meski tak disadari, dampaknya terhadap kesehatan tubuh tetap signifikan.

Kesehatan jantung dapat dipengaruhi oleh beragam faktor. Salah satu yang berpengaruh besar adalah pola makan, termasuk minuman yang dikonsumsi sehari-hari.

Terkait minuman, ada beberapa jenis minuman yang ternyata dapat memberikan dampak kurang baik bagi kesehatan jantung. Berikut ini adalah lima di antaranya, seperti dilansir EatThis, Kamis (25/3).

Baca juga : 3 Kelompok yang Banyak Rasakan Efek Samping Vaksin Covid-19 

Soda

Yang membuat soda tak baik bagi kesehatan jantung adalah kandungan gulanya yang tinggi. Beberapa studi mengungkapkan bahwa konsumsi soda dapat meningkatkan risiko penyakit jantung yang kemudian dapat berujung pada terjadinya serangan jantung. Studi terbaru menunjukkan bahwa individu yang meminum lebih dari 12 ons soda per hari memiliki kadar lemak darah abnormal yang memicu peningkatan risiko penyakit jantung.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement