Ahad 28 Mar 2021 05:35 WIB

Banyak Amalan Baik, Mana yang Prioritas?

Tindakan yang berhubungan dengan karakter memiliki prioritas yang sangat tinggi.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Ani Nursalikah
Banyak Amalan Baik, Mana yang Prioritas?
Foto: fredericksburg.com
Banyak Amalan Baik, Mana yang Prioritas?

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Terdapat banyak perbuatan (amalan) baik dalam yang diajarkan Islam agar umat Muslim menjalankannya. Dari sekian banyaknya itu, manakah amalan baik yang menjadi prioritas?

Dilansir di About Islam, amalan baik yang perlu diprioritaskan tentu saja adalah amalan yang bersifat wajib. Kewajiban seorang hamba kepada Allah adalah hal terbaik yang bisa mendekatkan diri kepada-Nya. Oleh karena itu, fokus seorang hamba haruslah pada kewajiban lebih dari pada sunnah.

Baca Juga

Tindakan wajib lebih diprioritaskan daripada tindakan opsional. Meskipun ibadah sunnah memainkan peran penting dalam mendekatkan diri kepada Allah dan dalam membuat seseorang unggul dalam kewajibannya. Mereka sebenarnya mengambil prioritas yang jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan tindakan wajib.

Contoh yang baik untuk menunjukkan ini adalah contoh seorang siswa yang harus mempelajari beberapa buku untuk lulus ujian. Gurunya menyarankan membaca beberapa buku tambahan agar bisa menguasai mata pelajaran dan unggul dalam ujian.

Siswa menanggapi nasihat gurunya, mulai mempelajari buku tambahan dan menempatkan sebagian besar fokusnya pada mereka. Dia tidak berusaha cukup keras dalam buku-buku asli yang harus dia pelajari. Akibatnya, dia gagal ujian.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement