Ahad 28 Mar 2021 11:07 WIB

Pakar Minta Penyintas Covid-19 Segera Vaksinasi, Alasannya?

Pakar sebut vaksin Covid-19 menghasilkan respons antibodi dan sel T.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Nora Azizah
Pakar sebut vaksin Covid-19 menghasilkan respons antibodi dan sel T.
Foto: Flickr
Pakar sebut vaksin Covid-19 menghasilkan respons antibodi dan sel T.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seorang ilmuwan yang merupakan asisten Profesor Klinik Imunologi, Universitas Carolina Selatan, Jennifer T Grier, meminta semua masyarakat yang telah memiliki kesempatan untuk vaksin Covid-19 untuk segera mendapatkan vaksinnya. Termasuk orang-orang yang pernah terinfeksi virus pandemi tersebut.

Dalam tulisannya yang dilansir laman The Conversation, Ahad (28/3), dia menyebut vaksin COVID-19 menghasilkan respons antibodi dan sel T. Kedua hal ini jauh lebih kuat dan lebih konsisten daripada kekebalan dari infeksi alami.

Baca Juga

"Satu studi menemukan, empat bulan setelah menerima dosis pertama vaksin Moderna, 100 persen orang yang diuji memiliki antibodi terhadap SARS-CoV-2.  Ini adalah periode terpanjang yang dipelajari sejauh ini," tulis Grier dalam laman itu.

Dia melanjutkan, dalam sebuah penelitian yang mengamati vaksin Pfizer dan Moderna, tingkat antibodi juga jauh lebih tinggi pada orang yang divaksinasi, dibandingkan mereka yang telah pulih dari infeksi. Lebih baik lagi, kata dia, sebuah penelitian di Israel menunjukkan bahwa vaksin Pfizer memblokir 90 persen infeksi setelah kedua dosis, bahkan dengan varian yang ada pada populasi.

"Dan penurunan infeksi berarti orang lebih kecil kemungkinannya untuk menularkan virus ke orang di sekitar mereka," kata dia.

Vaksin COVID-19 disebut Grier memang tidak sempurna. Namun, itu menghasilkan antibodi kuat dan respons sel T yang menawarkan cara perlindungan yang lebih aman dan andal daripada kekebalan alami. Dalam apa yang dipelajarinya, kekebalan setelah infeksi, tidak dapat diprediksi.

Kekebalan berasal dari kemampuan sistem kekebalan untuk mengingat suatu infeksi. Dengan menggunakan memori kekebalan ini, tubuh akan tahu cara melawan jika penyakit itu muncul lagi.

Antibodi adalah protein yang dapat mengikat virus dan mencegah infeksi.  Sel T adalah sel yang mengarahkan pengangkatan sel yang terinfeksi dan virus yang sudah diikat oleh antibodi. "Keduanya adalah beberapa pemain utama yang berkontribusi pada kekebalan," jelas dia.

Setelah infeksi SARS-CoV-2, kata Grier, respons antibodi dan sel T seseorang mungkin cukup kuat untuk memberikan perlindungan terhadap infeksi ulang.  Penelitian menunjukkan bahwa 91 persen orang yang mengembangkan antibodi melawan virus corona kemungkinan tidak akan terinfeksi lagi selama enam bulan, bahkan setelah infeksi ringan.

Orang yang tidak memiliki gejala selama infeksi juga cenderung mengembangkan kekebalan, meskipun mereka cenderung membuat lebih sedikit antibodi dibandingkan mereka yang merasa sakit.  Jadi bagi sebagian orang, kekebalan alami mungkin kuat dan tahan lama.

"Masalahnya adalah tidak semua orang akan mengembangkan kekebalan setelah terinfeksi SARS-CoV-2.  Sebanyak 9 persen orang yang terinfeksi tidak memiliki antibodi yang dapat dideteksi, dan hingga 7 persen orang tidak memiliki sel T yang mengenali virus 30 hari setelah infeksi," kata dia.

Untuk orang yang mengembangkan kekebalan, kekuatan dan durasi perlindungan bisa sangat bervariasi. Hingga lima persen orang mungkin kehilangan perlindungan kekebalan mereka dalam beberapa bulan.

Tanpa pertahanan kekebalan yang kuat, orang-orang ini rentan terhadap infeksi ulang oleh virus korona.  Beberapa mengalami serangan COVID-19 kedua segera setelah satu bulan setelah infeksi pertama mereka;  dan, meskipun jarang, beberapa orang dirawat di rumah sakit atau bahkan meninggal.

Seseorang yang terinfeksi kembali mungkin juga dapat menularkan virus corona bahkan tanpa merasa sakit.  Hal ini dapat membahayakan orang yang dicintai. Namun sejauh ini, belum ada data pasti tentang varian baru virus corona dan kekebalan alami atau infeksi ulang, tetapi ada kemungkinan kekebalan dari satu infeksi tidak akan sekuat infeksi dengan varian lain.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement