Senin 29 Mar 2021 19:12 WIB

Kwarran Cimanggis Lantik Siswa SIT NF Menjadi Pramuka Garuda

Prosesi pelantikan dan pengukuhan kali ini dilakukan secara daring melalui zoom

Red: Hiru Muhammad
Ketua Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Kecamatan Cimanggis, Khuswatun Khasanah, Jumat (26/3) sore tadi melantik dan mengukuhkan calon anggota Pramuka Garuda tingkat Siaga dan Penggalang secara virtual. Pelantikan tersebut dihadiri oleh orang tua, pembina, Ketua Majelis Pembimbing Gerakan Pramuka (Mabigus), dan Kwarcab Depok dan Pengurus Kwarran Cimanggis beserta tim verifikasi Pramuka Garuda.
Foto: istimewa
Ketua Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Kecamatan Cimanggis, Khuswatun Khasanah, Jumat (26/3) sore tadi melantik dan mengukuhkan calon anggota Pramuka Garuda tingkat Siaga dan Penggalang secara virtual. Pelantikan tersebut dihadiri oleh orang tua, pembina, Ketua Majelis Pembimbing Gerakan Pramuka (Mabigus), dan Kwarcab Depok dan Pengurus Kwarran Cimanggis beserta tim verifikasi Pramuka Garuda.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK--Ketua Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Kecamatan Cimanggis, Khuswatun Khasanah, Jumat (26/3) sore tadi melantik dan mengukuhkan calon anggota Pramuka Garuda tingkat Siaga dan Penggalang secara virtual. Pelantikan tersebut dihadiri oleh orang tua, pembina, Ketua Majelis Pembimbing Gerakan Pramuka (Mabigus), dan Kwarcab Depok dan Pengurus Kwarran Cimanggis beserta tim verifikasi Pramuka Garuda.

Sebanyak 21 Siaga dan 23 Penggalang siap dilantik dan dikukuhkan. Namun, berbeda dengan tahun sebelumnya, prosesi pelantikan dan pengukuhan kali ini dilakukan secara daring melalui aplikasi zoom karena adanya wabah Covid-19.

Secara virtual, Khuswatun Khasanah, memberikan instruksi pembacaan Dwi Satya kepada para calon anggota dalam prosesi pelantikan. Dalam instruksinya, ia mengajak para anggota pramuka untuk mengulang ucapannya dalam pembacaan Dwi Satya.

"Kepada ananda, disilakan untuk memegang ujung bendera merah putih atau setengah leher kacu yang ananda punya dan diletakkan di dada sebelah kiri, hal ini mengingatkan ananda selama jantung masih berdenyut ananda akan selalu ingat janji yang diucapkan," ucap Khuswatun Khasanah.

"Dengan mengucapkan Dwi Satya ananda telah sah dikukuhkan sebagai Pramuka Siaga Garuda. Semoga Allah subhanahu wa ta'ala senantiasa meridhai niat baik kita semua, aamiin aamiin ya rabbalalamin," ujarnya. Sementara penyematan tanda Pramuka Garuda diwakili oleh para orang tua siswa.

Dalam sambutannya, Khuswatun Khasanah, mengatakan tujuan pembinaan pramuka adalah mendidik kaum muda Indonesia menjadi pribadi yang berkarakter. Karena menjadi Pramuka Garuda seorang anggota akan memiliki kualitas dan kemampuan diatas rata-rata dan harus menjadi teladan di lingkungan sekitar.

"Apalagi SIT Nurul Fikri mempunyai semboyan SMART tentunya sangat cocok atau sejalan dengan misi dari pendidikan pramuka itu sendiri. Untuk menjadi Pramuka Garuda harus memenuhi berbagai persyaratan dan tujuan dari tim penilai secara khusus, mulai dari awal proses itu yang nantinya akan terbentuk kaum muda yang tangguh seperti harapan kita semua," katanya.

Menjadi seorang Pramuka Garuda tidaklah mudah, banyak melewati tahapan dan persyaratan ketat yang harus mereka lalui. Karena itu, Khuswatun Khasanah berharap anggota Pramuka Garuda benar-benar menjadi contoh positif dan inspirator bagi lingkungan sekitar untuk menjadi lebih baik dan menjadi anak-anak soleh andalan umat. "Dan Ananda jangan hanya menjadi pramuka yang biasa saja tapi jadilah pramuka yang luar biasa," tandasnya.

Hal senanda pun disampaikan oleh Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan (Mabigus) dan Ketua Bidang Pendidikan SIT Nurul Fikri, Rahmat Syehani. Menurutnya, menjadi Pramuka Garuda adalah sebuah misi dan memegang peran sebagai dai-nya pramuka. Ia berharap melalui pramuka bisa menjadikan mereka sebagai SDM yang akan memperbaiki bangsa.

"Menjadi pramuka yang menerapkan dasa dharma pramuka kepada teman di sekolah, di rumah, menjadi anak yang bertakwa kepada Tuhan. Mudah-mudahan ini bisa diemban oleh adik-adik Pramuka Garuda dan buat para pembina, kerja kita belum selesai masih ada kerja-kerja besar lainnya yang memastikan adik-adik yang dilantik bisa menunaikannya," tuturnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement