Rabu 31 Mar 2021 04:06 WIB

Nike Tuntut Sepatu Setan yang Menggunakan Produknya

Nike Tuntut Sepatu Setan yang Menggunakan Produknya

Red:
.Nike Tuntut Sepatu Setan yang Menggunakan Produknya
.Nike Tuntut Sepatu Setan yang Menggunakan Produknya

Nike menggugat perusahaan di New York yang memproduksi apa yang disebut Sepatu Setan yang konon mengandung setetes darah manusia sebagai bagian dari kolaborasi dengan penyanyi 'Old Town Road' Lil Nas X.

Klaim tersebut menuduh perusahaan, MSCHF Product Studio Inc, melanggar dan mencemari merek dagang Nike.

Sepatu bertema setan hitam-merah ini terjual habis hanya satu menit setelah mulai dijual secara online pada hari Senin.

Sepatu tersebut adalah sepatu Nike Air Max 97 yang dibuat khusus, mengandung tinta merah, dan "setetes darah manusia" di solnya, menurut sebuah situs web yang mendeskripsikan bahwa hanya tersedia 666 pasang sepatu yang dijual dalam edisi terbatas itu.

Pada setiap pasang sepatu,  tertulis MSCHF di bagian belakang satu sepatu dan yang lainnya bertuliskan Lil Nas X.

Mereka dijual seharga $1.018 (lebih dari Rp10 juta) per pasang, mengacu pada bagian Alkitab, yakni Lukas 10:18, yang berbunyi: "Aku melihat Iblis jatuh seperti kilat dari langit."

Lil Nas X tidak disebutkan sebagai salah pihak yang tergugat dalam gugatan tersebut.

Musisi itu mengatakan di Twitter dia akan memilih penerima 666 pasang sepatu tersebut dari pengguna media sosial yang membagikan salah satu cuitannya di sana.

Nike, dalam gugatannya yang diajukan ke pengadilan federal di New York, mengatakan sepatu itu diproduksi "tanpa persetujuan dan otorisasi Nike," dan perusahaan itu "sama sekali tidak terkait dengan proyek ini."

Nike meminta pengadilan untuk segera menghentikan MSCHF dari memenuhi permintaan sepatu tersebut dan meminta persidangan dengan juri untuk menuntut ganti rugi.

Perwakilan Lil Nas X dan MSCHF tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Rapper pemenang Grammy, 21, pada hari Jumat merilis video untuk lagu baru, Montero (Call Me By Your Name), di mana dia menari dengan karakter yang memakai tanduk setan.

MSCHF, sebuah perusahaan yang terkenal dengan produk akrobatnya, sebelumnya telah mengkooptasi sepasang Nike Air Max 97s.

Pada 2019, ia merilis apa yang disebut 'Sepatu Yesus' yang mengandung 60ml air dari Sungai Jordan.

Sepatu Setan menerima beberapa kritik online setelah menjadi pemberitaan.

Gubernur South Dakota Kristi Noem mengatakan di Twitter, "kami berjuang untuk jiwa bangsa kami", katanya mengacu pada masalah sepatu ini.

"Kami sedang memperjuangkan jiwa-jiwa pada bangsa kami. Kami harus berjuang keras. Dan kami harus berjuang dengan cerdas. Kami harus menang."

Lil Nas X menjawab: "Anda para gubernur dan Anda di sini berkicau tentang sepatu-sepatu ini. Lakukan saja pekerjaan Anda!"

Artikel ini diproduksi oleh Hellena Souisa dari artikel ABC News dalam Bahasa Inggris.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement