Bantul Percepat Persiapan Pembelajaran Tatap Muka

Red: Ratna Puspita

Sekolah Tatap Muka (ilustrasi)
Sekolah Tatap Muka (ilustrasi) | Foto: Republika/Mgrol100

REPUBLIKA.CO.ID, BANTUL -- Pemerintah Kabupaten Bantul di Daerah Istimewa Yogyakarta berupaya mempercepat persiapan untuk melaksanakan kembali pembelajaran tatap muka di sekolah. "Sesuai dengan arahan Pak Menteri (Menteri Pendidikan dan Kebudayaan), pembelajaran tatap muka diharapkan bisa dipercepat, makanya ada istilah akselerasi PTM (pembelajaran tatap muka)," kata Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Bantul Isdarmoko di Bantul, Jumat (2/4).

Pemerintah daerah bersama dewan pendidikan dan komite sekolah, menurut dia, menyiapkan sekolah-sekolah agar bisa memenuhi standar kesehatan dalam menyelenggarakan pembelajaran tatap muka. "Ada enam hal termasuk pemenuhan sarana kesehatan, kemudian ada akses dengan rumah sakit untuk layanan kesehatan, ada pemetaan warga sekolah, kemudian masker, thermo gun, dan juga kerja sama dengan komite," katanya.

Selain itu, ia melanjutkan, pemerintah daerah melaksanakan vaksinasi Covid-19 pada para guru dan tenaga kependidikan. "Alhamdulillah Pemda Bantul sudah memulai untuk vaksinasi bagi guru-guru, mulai dari guru SD, dan sudah akan sesi kedua minggu depan," katanya.

"Jadi kita bisa segera mungkin pembelajaran tatap muka," kata dia.

Baca Juga

Isdarmoko mengatakan bahwa sampai sekarang belum ada arahan mengenai pelaksanaan vaksinasi bagi peserta didik. "Untuk anak sementara belum dilakukan, kemungkinan nanti ke depan, karena itu kan dalam rangka herd immunity (kekebalan komunal), jadi nanti semua juga. Tapi sekarang baru guru dan pendidik, dari PAUD, SD, SMP, semuanya," katanya.

Terkait


Puan: Belajar Tatap Muka Saat Pandemi Utamakan Keselamatan

Mengatasi Rasa Cemas Ketika Anak Kembali ke Sekolah

MAN 1 Yogya Gelar Sarasehan Akbar, Puncak Milad ke-71 

Bangka Tengah Belum Memberlakukan Pembelajaran Tatap Muka

Orang Tua Siswa di Bandung Masih Tunggu Kesiapan Tatap Muka

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark