Sabtu 03 Apr 2021 17:09 WIB

Kapal-kapal yang Terblokade di Terusan Suez Mulai Bebas

Ever Given sempat memblokade 400an kapal yang akan melaju di Terusan Suez.

Rep: Fergi Nadira/ Red: Indira Rezkisari
Sebuah kapal kontainer mulai bergerak di Terusan Suez, Mesir, 29 Maret 2021.
Foto: EPA-EFE/KHALED ELFIQI
Sebuah kapal kontainer mulai bergerak di Terusan Suez, Mesir, 29 Maret 2021.

REPUBLIKA.CO.ID, KAIRO -- Kapal-kapal terakhir yang terblokade di Terusan Suez sudah bisa melewati jalur air seperti semula pada Sabtu (3/4) waktu setempat. Otoritas Terusan Suez (SCA) mengatakan, penyelidikan atas insiden terdamparnya kapal kontainer raksasa Ever Given akan melaporkan temuannya.

Ketua SCA Osama Rabie mengatakan, 85 kapal diharapkan melewati kanal dari kedua sisi pada Sabtu. Pihak SCA juga dikatakan akan memasukkan 61 kapal terakhir dari 422 kapal yang mengantre ketika Ever Given kembali mengapung Senin lalu.

Baca Juga

"Ini mengakhiri penumpukan pengiriman selama krisis kecelakaan kapal kontainer besar," ujar dia.

Rantai pasokan internasional berantakan ketika Ever Given sepanjang 400 meter kandas di arteri perdagangan vital pada 23 Maret. Tim penyelamat spesialis membutuhkan waktu hampir seminggu untuk membebaskannya setelah pengerukan ekstensif dan operasi penarikan berulang kali.

Penyelidikan SCA dimulai pada Rabu terhadap apa yang menyebabkan kapal itu kandas di Terusan Suez dan memblokir jalur air selama enam hari. "Investigasi berjalan dengan baik dan akan memakan waktu dua hari lagi, baru kami umumkan hasilnya,” imbuhnya, dilansir dari Reuters.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement