Senin 05 Apr 2021 08:18 WIB

Sejarah Hari Ini: Kurt Cobain Meninggal Dunia

Kurt Cobain ditemukan meninggal dunia di rumahnya di Seattle, Washington.

Rep: Rizky Jaramaya / Red: Nur Aini
Kurt Cobain saat tampil di MTV Unplugged pada 1993.
Foto: Time.com
Kurt Cobain saat tampil di MTV Unplugged pada 1993.

REPUBLIKA.CO.ID, SEATTLE -- Ikon grunge Kurt Cobain meninggal dunia karena bunuh diri pada tanggal 5 April 1994. Tubuhnya ditemukan tergeletak tak bernyawa di rumahnya di Seattle, Washington. Jasad pentolan grup musik Nirvana itu ditemukan tiga hari kemudian oleh seorang tukang listrik, Gary Smith. Ketika itu, Smith akan memasang sistem keamanan di kediaman Cobain. 

Terlepas dari indikasi bahwa Cobain meninggal karena bunuh diri, beberapa pihak mempertanyakan kematiannya dan mencurigai istrinya, Courtney Love.

Baca Juga

Cobain memiliki masalah kecanduan narkotika. Dia pernah mengalami koma dan hampir mati setelah mencampurkan sampanye dan obat Rohypnol. Selain itu, Cobain berulang kali mengutarakan niatnya untuk bunuh diri. 

Polisi pernah mendapatkan panggilan untuk datang ke kediaman Cobain dan Love, karena dia mengancam akan bunuh diri. Dalam sebuah wawancara  pada 1991, Cobain menyatakan bahwa dia tidak percaya pada senjata. Namun, petugas menyita empat senjata api kepemilikannya.  

Saat istri dan teman-teman Cobain melihatnya lepas kendali, mereka berusaha untuk menenangkan. Tetapi, Cobain mengabaikan keprihatinan mereka dan enggan memeriksakan diri ke klinik rehabilitasi di Los Angeles pada akhir Maret.

Pada 30 Maret, Cobain meninggalkan klinik rehabilitasi tanpa memberi tahu keluarga atau teman-temannya. Selama beberapa hari berikutnya, Love tidak dapat menemukannya dan memutuskan untuk menyewa detektif swasta pada 3 April. Detektif tersebut menghubungi Cobain keesokan harinya di Seattle, tetapi dia menolak untuk kembali ke Los Angeles.

Baca juga : Yordania Diguncang Intervensi Asing, Pangeran Hamzah Ditahan

Sementara itu, Cobain telah meyakinkan seorang teman untuk membelikannya senjata. Cobain mengatakan, dia membutuhkan senjata api untuk perlindungan. Pada 5 April, Cobain kembali ke kediamannya. Dia mengkonsumsi Valium dan heroin dalam jumlah besar dan mencapai tingkat hampir fatal. 

Sebuah catatan bunuh diri ditemukan di atas garasi kediaman Cobain. Catatan itu mengutip lirik Neil Young bahwa "lebih baik membakar daripada memudar." 

Apabila Anda mengalami pikiran untuk bunuh diri, segera mencari bantuan profesional. Anda bisa mendapatkan informasi mengenai kondisi ini dan penyedia layanan kesehatan mental di www.intothelightid.org.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
مَا كَانَ لِاَهْلِ الْمَدِيْنَةِ وَمَنْ حَوْلَهُمْ مِّنَ الْاَعْرَابِ اَنْ يَّتَخَلَّفُوْا عَنْ رَّسُوْلِ اللّٰهِ وَلَا يَرْغَبُوْا بِاَنْفُسِهِمْ عَنْ نَّفْسِهٖۗ ذٰلِكَ بِاَنَّهُمْ لَا يُصِيْبُهُمْ ظَمَاٌ وَّلَا نَصَبٌ وَّلَا مَخْمَصَةٌ فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ وَلَا يَطَـُٔوْنَ مَوْطِئًا يَّغِيْظُ الْكُفَّارَ وَلَا يَنَالُوْنَ مِنْ عَدُوٍّ نَّيْلًا اِلَّا كُتِبَ لَهُمْ بِهٖ عَمَلٌ صَالِحٌۗ اِنَّ اللّٰهَ لَا يُضِيْعُ اَجْرَ الْمُحْسِنِيْنَ
Tidak pantas bagi penduduk Madinah dan orang-orang Arab Badui yang berdiam di sekitar mereka, tidak turut menyertai Rasulullah (pergi berperang) dan tidak pantas (pula) bagi mereka lebih mencintai diri mereka daripada (mencintai) diri Rasul. Yang demikian itu karena mereka tidak ditimpa kehausan, kepayahan dan kelaparan di jalan Allah, dan tidak (pula) menginjak suatu tempat yang membangkitkan amarah orang-orang kafir, dan tidak menimpakan suatu bencana kepada musuh, kecuali (semua) itu akan dituliskan bagi mereka sebagai suatu amal kebajikan. Sungguh, Allah tidak menyia-nyiakan pahala orang-orang yang berbuat baik,

(QS. At-Taubah ayat 120)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement