Rabu 07 Apr 2021 12:44 WIB

Lapangan Golf Kemayoran Disulap Jadi Hutan Kota

Ruang terbuka hijau Kemayoran dilengkapi antara laindanau air tawar, danau air payau.

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Andi Nur Aminah
Menteri Sekretaris Negara Pratikno
Foto: Antara/Puspa Perwitasari
Menteri Sekretaris Negara Pratikno

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah segera mengalihfungsikan lapangan golf Kemayoran di Jakarta Pusat sebagai ruang terbuka hijau. Langkah ini serupa dengan kebijakan pemerintah yang telah mengubah Senayan Golf Driving Range di kompleks Gelora Bung Karno (GBK) menjadi hutan kota. Baik GBK dan kompleks Kemayoran merupakan aset negara yang pengelolaannya dilakukan oleh badan layanan umum (BLU). 

"Kita juga sedang siapkan untuk kawasan Kemayoran, BLU Kemayoran, Ex Lapangan Golf di sisi utara tidak lagi dilanjutkan sebagai lapangan golf, kami siapkan untuk menjadi ruang terbuka hijau juga," kata Menteri Sekretaris Negara Pratikno dalam keterangan pers di kantornya, Rabu (7/4). 

Baca Juga

Prinsip transformasi yang dilakukan, ujar Pratikno, adalah memaksimalkan pemanfaatan untuk masyarakat tanpa menghilangkan potensi penerimaan untuk negara. Hal ini sudah diterapkan melalui perubahan fungsi fasilitas golf di kompleks GBK. 

Nantinya, ruang terbuka hijau Kemayoran dilengkapi dengan danau air tawar, danau air payau, lahan rumput luas, dan hutan kota. Pemerintah juga akan melengkapi kawasan ini dengan jalur lari atau jogging track. 

"Itu sekali lagi dalam rangka untuk memberikan manfaat seluas-luasnya kepada masyarakat tetapi tetap memberikan kontribusi kepada keuangan negara," ujar Pratikno. 

Menyusul perbaikan pemanfaatan GBK dan Kemayoran, pemerintah juga mengambil alih aset negara lainnya, yakni Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Aset negara seluas lebih dari 146 hektare ini selama nyaris 44 tahun terakhir dikelola oleh Yayasan Harapan Kita. Yayasan tersebut awalnya didirikan oleh Ibu Tien Soeharto, istri Presiden ke-2 RI, Soeharto. 

Pengambilalihan pengelolaan TMII ini diatur dalam Peraturan Presiden (Perpres) nomor 19 tahun 2021 tentang Pengelolaan TMII yang diteken Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 31 Maret 2021. Pratikno menjelaskan, langkah pengambilalihan pengelolaan ini merupakan tindak lanjut atas rekomendasi Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) yang meminta Kementerian Sekretariat Negara selaku pemegang aset TMII melakukan perbaikan manajemen. 

"Jadi atas pertimbangan tersebut, presiden telah menerbitkan Perpres 19 tahun 2021, tentang TMII. Yang intinya penguasaan dan pengelolaan TMII dilakukan oleh Kemensesneg dan ini berarti berhenti pula pengelolaan yang selama ini dilakukan oleh Yayasan Harapan Kita," kata Pratikno.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
يٰٓاَيُّهَا النَّاسُ اِنْ كُنْتُمْ فِيْ رَيْبٍ مِّنَ الْبَعْثِ فَاِنَّا خَلَقْنٰكُمْ مِّنْ تُرَابٍ ثُمَّ مِنْ نُّطْفَةٍ ثُمَّ مِنْ عَلَقَةٍ ثُمَّ مِنْ مُّضْغَةٍ مُّخَلَّقَةٍ وَّغَيْرِ مُخَلَّقَةٍ لِّنُبَيِّنَ لَكُمْۗ وَنُقِرُّ فِى الْاَرْحَامِ مَا نَشَاۤءُ اِلٰٓى اَجَلٍ مُّسَمًّى ثُمَّ نُخْرِجُكُمْ طِفْلًا ثُمَّ لِتَبْلُغُوْٓا اَشُدَّكُمْۚ وَمِنْكُمْ مَّنْ يُّتَوَفّٰى وَمِنْكُمْ مَّنْ يُّرَدُّ اِلٰٓى اَرْذَلِ الْعُمُرِ لِكَيْلَا يَعْلَمَ مِنْۢ بَعْدِ عِلْمٍ شَيْـًٔاۗ وَتَرَى الْاَرْضَ هَامِدَةً فَاِذَآ اَنْزَلْنَا عَلَيْهَا الْمَاۤءَ اهْتَزَّتْ وَرَبَتْ وَاَنْۢبَتَتْ مِنْ كُلِّ زَوْجٍۢ بَهِيْجٍ
Wahai manusia! Jika kamu meragukan (hari) kebangkitan, maka sesungguhnya Kami telah menjadikan kamu dari tanah, kemudian dari setetes mani, kemudian dari segumpal darah, kemudian dari segumpal daging yang sempurna kejadiannya dan yang tidak sempurna, agar Kami jelaskan kepada kamu; dan Kami tetapkan dalam rahim menurut kehendak Kami sampai waktu yang sudah ditentukan, kemudian Kami keluarkan kamu sebagai bayi, kemudian (dengan berangsur-angsur) kamu sampai kepada usia dewasa, dan di antara kamu ada yang diwafatkan dan (ada pula) di antara kamu yang dikembalikan sampai usia sangat tua (pikun), sehingga dia tidak mengetahui lagi sesuatu yang telah diketahuinya. Dan kamu lihat bumi ini kering, kemudian apabila telah Kami turunkan air (hujan) di atasnya, hiduplah bumi itu dan menjadi subur dan menumbuhkan berbagai jenis pasangan (tetumbuhan) yang indah.

(QS. Al-Hajj ayat 5)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement