Kamis 08 Apr 2021 14:30 WIB

Wapres Dorong Rantai Industri Halal Diperkuat

Rantai Industri Halal untuk mengejar target Indonesia menjadi produsen halal dunia.

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Gita Amanda
Wakil Presiden Ma'ruf Amin mendorong kolaborasi lintas sektor termasuk dunia usaha dalam memperkuat rantai industri halal di Indonesia.
Foto: Edwin Dwi Putranto/Republika
Wakil Presiden Ma'ruf Amin mendorong kolaborasi lintas sektor termasuk dunia usaha dalam memperkuat rantai industri halal di Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Presiden Ma'ruf Amin mendorong kolaborasi lintas sektor termasuk dunia usaha dalam memperkuat rantai industri halal di Indonesia. Wapres mengatakan, upaya ini untuk mengejar target Indonesia menjadi produsen halal dunia.

Karena itu, Wapres mendukung kerja sama Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) dengan PT Unilever Indonesia serta Peluncuran Program Unilever Muslim Centre of Excellence (M-COE) yang ia resmikan, Kamis (8/4) hari ini.

Baca Juga

"Ini merupakan penguatan dari pengembangan industri produk halal yang menjadi salah satu fokus kerja Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah," kata Ma'ruf dalam sambutan di acara peresmian.

Wapres menilai program Muslim Center of Exellence untuk Unilever Global ini merupakan langkah strategis, sekaligus menjadikan Unilever Indonesia sebagai Global Hub produk Halal Unilever. Wapres meyakini, upaya ini akan memberikan dampak yang positif bagi pengembangan produk halal, termasuk juga untuk pemenuhan kebutuhan pasar global Unilever di seluruh dunia.

"Program ini sangat bermanfaat untuk mendorong berkembangnya riset dan inovasi produk halal; pengembangan industri produk halal dengan bahan baku lokal (komponen dalam negeri), serta penguatan halal lifestyle dalam peningkatan penggunaan produk halal di kalangan masyarakat Indonesia," ungkap Ma'ruf.

Sebab, Wapres menjelaskan, salah satu bagian program ini yakni Halal Collaboration Centre diharapkan dapat menjadi wadah bagi pengembangan riset yang mendukung industri produk halal di Indonesia. Ia berharap melalui riset ini dapat menghasilkan temuan beragam inovasi dan produk halal yang sesuai dengan dinamika kebutuhan konsumen muslim di Indonesia maupun dunia.

Ia juga meyakini, program Unilever Muslim Center of Excellence ini juga akan mengakselerasi pengembangan bisnis-bisnis pendukung industri halal di Indonesia. Dengan begitu, Ma'ruf berharap semakin banyak pengusaha-pengusaha di Indonesia mengembangkan bisnis di bidang industri halal dan ekonomi syariah akan memperkuat ekosistem industri halal nasional.

"Saya berharap program Unilever Muslim Center of Excellence ini akan diikuti oleh pemain-pemain industri halal global lainnya, dengan mengambil langkah yang konkrit implementatif untuk menjadikan Indonesia sebagai global hub produk halal dunia," ungkapnya.

Terakhir, ia berharap produk- produk halal yang dikembangkan tidak hanya di industri barang konsumsi, makanan dan minuman, namun juga di sektor ekonomi syariah lainnya. Seperti, industri farmasi dan obat-obatan tradional, industri hasil pertanian dan produk protein, industri pariwisata ramah Muslim, modest fashion, kerajinan dan produk kreatif lainnya.

"Ini merupakan industri yang potensial untuk dikembangkan, khususnya pada masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini sektor tersebut sangat diperlukan guna mendorong pemulihan ekonomi nasional," ungkapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement