Kamis 08 Apr 2021 23:11 WIB

Tips Bersepeda untuk Jaga Kesehatan Jantung

Bersepeda dengan rutin akan menurunkan risiko penyakit jantung hingga 50 persen.

Rep: Santi Sopia/ Red: Dwi Murdaningsih
Bersepeda (ilustrasi)
Foto: Piqsels
Bersepeda (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Kesehatan adalah investasi dan aset penting yang harus dijaga. Salah satu penyebab serangan penyakit kardiovaskular atau jantung dan stroke adalah kurangnya olahraga.

Ada berbagai macam jenis olahraga yang dapat dilakukan. Salah satunya adalah bersepeda yang juga semakin menjadi tren. 

Baca Juga

Bersepeda termasuk kegiatan olahraga yang menyenangkan. Bersepeda juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan terutama bagi kesehatan jantung.

“Meningkatnya penderita penyakit jantung di Indonesia tidak terlepas dari perubahan gaya hidup masyarakat. Salah satunya adalah kemajuan teknologi yang membuat segalanya serba mudah lalu membuat kita minim dalam bergerak dan kurang berolahraga”, ujar Esti Nurjadin Ketua Umum Yayasan Jantung Indonesia (YJI).

Sejumlah studi mengungkapkan bahwa olahraga selama 30 menit sehari dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung. Berikut tips bersepeda agar menjaga kesehatan jantung.

Intensitas

“Agar kesehatan jantung tetap terjaga, lakukan olahraga praktis seperti bersepeda. Berolahragalah setiap hari dalam sepekan. Jika tidak sempat, lakukan olahraga dengan intensitas sedang sebanyak 5 kali dalam sepekan selama 30 menit,” ujar Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia (PERKI) Isman Firdaus.

Dia melanjutkan, alternatif lain adalah olahraga dengan intensitas sedang selama 30 menit sampai 1 jam sebanyak tiga kali dalam sepekan. Bersepeda dengan rutin akan menurunkan risiko penyakit jantung hingga 50 persen.

Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia), Raja Sapta Oktohari, juga berpendapat bahwa dengan berolahraga akan mendorong kita untuk hidup lebih sehat. Selain itu, melalui olahraga kita juga akan memiliki karakter dan integritas yang kuat serta menjunjung tinggi sportivitas.

“Olahraga harus menjadi bagian dari gaya hidup kita sehari-hari dan tidak perlu yang sulit, cukup bersepeda. Bersepeda adalah salah satu olahraga yang mudah dan murah”, ujarnya.

Persiapkan kondisi tubuh dan perlengkapan

Sebelum bersepeda, hendaknya kita mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik, utamanya kondisi tubuh untuk mencegah terjadinya cedera.

Bersepeda agar menjaga jantung tetap sehat bagi para pesepeda, dapat dilakukan skrining awal saat bersepeda, sampai bagaimana bersepeda agar tidak berisiko terjadi serangan jantung.

Dalam rangka peringatan International Day of Sport for Development and Peace setiap tanggal 6 April dan World Health Day setiap tanggal 7 April, Yayasan Jantung Indonesia (YJI) bersama dengan Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia (PERKI) dan Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) menerbitkan buku saku dan buklet mini Cara Tepat Bersepeda Untuk Kesehatan Jantung.

Untuk versi soft copy dari buklet Cara Tepat Bersepeda Untuk Kesehatan Jantung dapat diunduh dalam tautan. Sedangkan untuk versi hard copy, bisa didapatkan di kantor Yayasan Jantung Indonesia Jl. Teuku Umar No. 8 Menteng, Jakarta Pusat secara cuma-cuma.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement