Kulonprogo Diminta Selektif Pemberian Bantuan Benih Padi

Red: Fernan Rahadi

benih padi - ilustrasi
benih padi - ilustrasi | Foto:

REPUBLIKA.CO.ID, WATES -- Wakil Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Edi Priyono meminta pemerintah setempat lebih selektif dalam memberikan bantuan benih padi dan disesuaikan dengan kondisi lahan serta mempertimbangkan masukan dari petani. Edi mengatakan menerima keluhan dari petani di Kecamatan Panjatan yang menanam padi varietas Inpari Nutri Zinc yang mengancam kesuburan tanah.

Petani di Kecamatan Panjatan telah melakukan uji coba tanam benih padi varietas Inpari Nutri Zinc, hasilnya kurang memuaskan dan sulit dijual. "Berdasarkan keluhan petani, varietas Inpari Nutri Zinc banyak menyerap unsur hara tanah, sehingga bila pengolahan lahan sawah tidak benar berpotensi tidak menyuburkan tanah atau menyebabkan tanah tandus. Kami berharap Pemkab Kulonprogo mengkaji ulang bantuan benih tersebut," kata Edi.

Menurut dia, varietas padi Inpari Nutri Zinc juga kurang bagus untuk meningkatkan produktivitas padi. Petani justru berharap bantuan benih berupa varietas Ciherang atau IR 64 yang produktivitasnya lebih tinggi, dan memiliki nilai jual tinggi atau pemasarannya lebih mudah dibanding Inpari Nutri Zinc.

"Petani di Panjatan berharap dibantu benih yang produksinya bagus, nilai jualnya tidak rendah," katanya.

Edi juga berharap pemkab menjamin ketersediaan pupuk agar petani bisa menggunakan dengan tepat waktu. Ketersediaan air juga harus di jaga. Kendala utama petani sekarang adalah kesulitan mendapat pupuk karena ada sistem pembelian pupuk secara tertutup.

"Petani kita ini dituntut untuk meningkatkan produksi, tapi di sisi lain kesulitan mendapatkan pupuk. Kami berharap ada keputusan diskresi bagaimana petani mendapat pupuk dengan mudah dan cepat supaya tidak mempengaruhi produksi," kata anggota Fraksi PDI Perjuangan ini.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kulonprogo Aris Nugraha mengaku belum mendapat keluhan dan laporan atas dampak penanaman varietas Inpari Nutri Zinc. Inpari Nutri Zinc adalah varietas unggul yang baru diciptakan tentunya akan lebih baik. "Jadi tidak benar kalau membuat tanah menjadi tandus," katanya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Terkait


Kediri Beri Benih Padi pada Petani Terdampak Tanggul Jebol

Menengok Pandai Besi Kulonprogo Membuat Peralatan Pertanian

JAT Kulonprogo Diharap Jadi Contoh Pertanian Modern

Pertani Pasok Benih Padi untuk 380 Ribu Hektare Sawah

Harga Cabai Mulai Turun Jelang Ramadhan di Kulonprogo

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark