Ahad 18 Apr 2021 22:10 WIB

Menpora Optimistis Polri Beri Izin Keramaian Liga 1 dan 2

Menpora mengapresiasi tahapan pemeriksaan kesehatan prapertandingan di Piala Menpora.

Red: Ratna Puspita
Menteri Pemuda dan Olahraga Zainuddin Amali
Foto: Antara/Puspa Perwitasari
Menteri Pemuda dan Olahraga Zainuddin Amali

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali optimistis Polri akan memberikan izin keramaian kompetisi Liga 1 dan 2 Indonesia. Optimisme ini lantaran baiknya pelaksanaan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 pada Piala Menpora 2021.

"Saya optimistis itu dikeluarkan oleh pihak kepolisian," kata menpora dalam konferensi pers virtual yang diikuti di Jakarta, Ahad (18/4). 

Baca Juga

Pernyataan tersebut disampaikan Zainudin Amali setelah dirinya menjalani prosedur medis beberapa menit sebelum laga leg kedua semifinal Piala Menpora, Persija versus PSM dimulai di Stadion Manahan, Solo. 

Politikus Partai Golkar tersebut begitu mengapresiasi tahapan pemeriksaan kesehatan prapertandingan di Piala Menpora 2021. Salah satu yang dipujinya adalah sistem pengenalan orang yang masuk ke stadion. 

Seperti diketahui, agar dapat beraktivitas di dalam stadion, seseorang mesti menjalani tes usap antigen. Jika hasilnya negatif, panitia akan memberikan gelang dan mereka yang mendapatkannya tidak diperkenankan keluar dari stadion.

"Saya melihat gelang ini berbeda-beda warnanya. Beberapa waktu lalu berwarna biru, pernah juga cokelat dan sekarang kekuningan. Artinya, tidak mungkin menggunakan gelang ini pada hari berbeda," tutur Zainudin Amali.

Menpora pun berjanji akan memberikan rekomendasi kepada Polri sebagai syarat penerbitan izin keramaian kompetisi Liga 1 dan 2 Indonesia musim 2021. Namun, pria asal Gorontalo tersebut mengingatkan bahwa Piala Menpora 2021 belum selesai dan protokol kesehatan mesti dijalankan serius sampai akhir turnamen.

“‘Ujian' ini masih berjalan tetapi sudah mendekati 'finish'," kata Zainudin menegaskan.

Sementara Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengatakan. PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) sebagai penyelenggara Piala Menpora 2021 akan terus menjaga kualitas protokol kesehatan di turnamen pramusim itu. Iriawan pun menyatakan bahwa sejak dibuka pada 21 Maret sampai saat ini belum ada penyebaran virus SARS-CoV-2 di Piala Menpora 2021.

"Kami terus berkomitmen karena turnamen ini jadi pertaruhan untuk terselenggaranya Liga 1 dan Liga 2. Sampai sekarang semua masih negatif, tidak ada masalah. Insyaallah kami akan terus menjaganya," kata Iriawan.

Penyelenggaraan Liga 1 dan 2 Indonesia musim 2021 sendiri belum dapat dipastikan lantaran belum keluarnya izin keramaian dari Polri. LIB dan PSSI masih akan mengajukan proposal permohonan izin tersebut kepada pihak kepolisian pada April.

Klasemen Liga 1 Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement