Kamis 22 Apr 2021 21:16 WIB

Tanah Datar Bangun Jalan 2,5 Km Pendukung Ekonomi Warga

Pengerjaan akan menghabiskan waktu enam bulan.

Red: Ilham Tirta
Pekerja menyelesaikan pembangunan jalan (ilustrasi).
Foto: ANTARA/Hendra Nurdiyansyah
Pekerja menyelesaikan pembangunan jalan (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, BATUSANGKAR -- Wakil Bupati Tanah Datar, Sumatera Barat, Richi Aprian berharap pembangunan jalan lebih kurang 2,5 kilometer (KM) yang sedang dilakukan bisa menyokong kegiatan perekonomian masyarakat setempat. Jalan itu akan menghubungkan Kapalo Koto Kecamatan Rambatan menuju Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Dobok Piliang.

"Jalan ini akan mempermudah masyarakat mengangkut hasil tani, ladang, maupun hasil produksi lainnya, dan otomatis tentu akan mengurangi biaya produksi mereka," kata Richi di Batusangkar, Kamis (22/4).

Pembangunan jalan tersebut akan dirampungkan dalam 180 hari kalender dengan anggaran sebesar Rp 4,5 miliar. Anggaran tersebut dialokasikan melalui paket peningkatan kapasitas struktur jalan dengan sumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) yang telah diusulkan pada tahun lalu.suma

Ia meminta pengawas penanggungjawab maupun kontraktor melaksanakan pekerjaannya sesuai ukuran dan paket pekerjaan yang telah ditetapkan. "Saya tekankan kepada seluruh yang terlibat dalam pelaksanaan pembangunan jalan ini untuk melaksanakan pekerjaan sesuai dengan kontrak kerja yang telah ditentukan, sehingga hasilnya akan maksimal dan masyarakat juga puas dengan apa yang telah pemerintah bangun," kata dia.

Hal senada juga dikatakan Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Tanah Datar, Refdizalis. Menurut dia, ruas jalan yang akan dibangun mempunyai lebar tiga meter. Itu merupakan jalan kabupaten.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement