Cara Mencegah Rasa Haus Saat Berpuasa

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah

Ahad 25 Apr 2021 12:25 WIB

Cara Mencegah Rasa Haus Saat Berpuasa Foto: Republika/Ani Nursalikah Cara Mencegah Rasa Haus Saat Berpuasa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ramadhan adalah waktu untuk refleksi dan rasa syukur bagi umat Islam di seluruh dunia. Selama puasa, umat Islam menahan diri dari makan dan minum sejak matahari terbit hingga terbenam.

Lalu bagaimana cara mempertahankan tingkat energi saat perut kosong. Dilansir dari Al Arabiya, Senin (19/4), Ahli Gizi Klinis di Klinik Healthbay Dubai, Sara Abdelghany menjelaskan, makanan yang harus dihindari orang agar tetap berenergi dan mencegah rasa haus saat berpuasa selama Ramadan.

Baca Juga

“Untuk tetap berenergi selama jam puasa, sangat penting merencanakan makanan Anda dan membagi kalori yang akan Anda konsumsi menjadi dua hingga tiga kali makan dan kudapan per hari. Karena itu, sangat penting membuat pilihan yang sehat untuk menghindari rasa lapar, sakit kepala, pusing, dan lesu," kata Abdelghany.

Beberapa kategori makanan harus dihindari selama Ramadhan karena dapat menyebabkan kembung, dehidrasi, dan penambahan berat badan. Beberapa makanan tersebut, di antaranya sebagai berikut.

Pertama, hindari gorengan dan makanan berlemak saat buka puasa. Makanan berlemak tinggi akan menyebabkan perut tidak nyaman dan kembung.

Dua, hindari makanan olahan, seperti sosis dan daging yang dilapisi tepung roti, dan sup yang sudah jadi sangat tinggi sodium dan mono-sodium glutamat, yang akan menyebabkan rasa haus yang berlebihan.

Tiga, hindari minuman jus segar dan soda sarat gula. Minuman ini akan menyebabkan penambahan berat badan dan menyebabkan lonjakan kadar insulin - mengakibatkan peningkatan keinginan akan gula dan ngemil berlebihan, serta rasa lapar saat jam puasa.