Senin 26 Apr 2021 21:56 WIB

Doa yang Diucapkan Ashabul Kahfi Sebelum Masuk Gua

Ashabul Kahfi baca doa sebelum masuk gua minta perlindungan Allah SWT

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Nashih Nashrullah
Ashabul Kahfi baca doa sebelum masuk gua minta perlindungan Allah SWT. Gua Ashabul Kahfi di Amman Yordania
Foto: ammancity.gov.jo
Ashabul Kahfi baca doa sebelum masuk gua minta perlindungan Allah SWT. Gua Ashabul Kahfi di Amman Yordania

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Dalam Alquran ada kalimat doa yang diucapkan oleh tujuh pemuda yang tidur di dalam gua (Ashabul Kahfi). Doa ini termaktub dalam surat Al Kahfi ayat 10.

إِذْ أَوَى الْفِتْيَةُ إِلَى الْكَهْفِ فَقَالُوا رَبَّنَا آتِنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً وَهَيِّئْ لَنَا مِنْ أَمْرِنَا رَشَدًا "(Ingatlah) tatkala para pemuda itu mencari tempat berlindung ke dalam gua, lalu mereka berdoa: "Wahai Tuhan kami, berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami (ini)." (QS Al Kahfi ayat 10)

Baca Juga

Pada ayat tersebut, begitu jelas gambaran tentang beberapa hamba yang menyampaikan permintaan kepada Allah SWT dan berharap kasih sayang dan tuntunan-Nya turun ke dalam relung hati mereka sehingga menjadi tenang.

Doa itu pula yang diucapkan para pemuda itu sebelum masuk ke gua, untuk menyelamatkan diri dari kejaran raja yang zalim dan kafir. Raja ini berjalan dengan penuh kesombongan dan bersikap tidak adil, serta menekan orang-orang yang menyembah kepada Allah SWT.

Dari ayat 10 Surat Al-Kahfi, dapatlah diketahui bahwa kebaikan dan keselamatan adalah rahmat. Selain itu, kasih sayang Allah SWT yang senantiasa menuntun para hamba menuju jalan-Nya adalah rahmat dan kebaikan di dalam hati. Dengan demikian, cahaya akan mencerahkan hati kita dan membimbing ke jalan yang benar.

Dalam tafsir Ibnu Katsir, dijelaskan, ayat 10 surat Al Kahfi bercerita soal sejumlah pemuda yang melarikan diri dari bangsanya sehingga tidak tergoda oleh sesuatu yang menjauhkan diri mereka dari Allah SWT.

Sehingga mereka pun mencari tempat untuk berlindung di dalam gua dan bersembunyi di dalamnya. Sebelum masuk ke dalam gua, mereka mengucapkan doa seperti yang tercantum dalam ayat 10 surat Al Kahfi.

Dalam Musnad dari hadits Bisr bin Abi Arta, bahwa Rasulullah SAW biasa berdoa dengan mengucapkan:

اللهمّ أحْسِنْ عَاقِبَتَنَا فِي الأُمُورِ كُلِّهَا، وَأجِرْنَا مِنْ خِزْيِ الدُّنْيَا وَعَذَابِ الآخِرَةِ Allahumma ahsin ‘aqibatanaa fil umuuri kullihaa, wa ajirnaa min khizyid dunyaa wa ‘adzabil akhirah. Artinya, "Ya Allah, baguskanlah setiap akhir urusan kami, dan selamatkanlah dari kebinasaan di dunia dan dari siksa akhirat."

 

Sumber: youm7

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement