Rabu 28 Apr 2021 07:23 WIB

Bank Mandiri Catat Transaksi Channel Digital Naik 49 Persen

Tren kenaikan juga terjadi pada jumlah nasabah sebanyak 55,7 ribu orang.

Rep: Novita Intan/ Red: Nidia Zuraya
Gedung Bank Mandiri
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Gedung Bank Mandiri

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Bank Mandiri (Persero) Tbk mencatatkan transaksi di Livin’ by Mandiri sebesar Rp 341 triliun atau tumbuh 49 persen. Adapun realisasi ini melebihi transaksi di anjungan tunai mandiri (ATM) sebesar Rp 200 triliun.

Wakil Direktur Utama Bank Mandiri Alexandra Askandar mengatakan, tren kenaikan juga terlihat pada frekuensi transaksi Livin' sebanyak 244 juta transaksi pada kuartal satu 2021, naik dari kuartal empat 2020 sebanyak 235 juta transaksi. Sedangkan frekuensi transaksi di ATM pada kuartal satu 2021 sebanyak 274 juta transaksi, turun dibandingkan kuartal empat 2020 sebanyak 290 juta frekuensi transaksi.

Baca Juga

“Sampai Maret 2021, transaksi nasabah melalui aplikasi Livin’ terus menunjukkan pertumbuhan seiring dengan berubahnya perilaku konsumen untuk melakukan channel digital,” ujarnya saat konferensi pers virtual seperti dikutip Rabu (28/4).

Begitu juga dengan jumlah pengguna aplikasi Livin' sampai Maret 2021 sebanyak 7,1 juta pengguna atau tumbuh 4,2 persen (yoy). Adapun pertumbuhan transaksi digital juga terlihat pada segmen wholesale melalui Mandiri Cash Management dengan nominal transaksi sebesar Rp 2.584 triliun atau tumbuh 30,2 persen.

Tren kenaikan juga terjadi pada jumlah nasabah sebanyak 55,7 ribu orang atau naik 59,1 persen serta frekuensi transaksi yang naik 16,9 persen atau sebesar 22,5 juta.

Bank Mandiri memperkenalkan Livin’ by Mandiri pada awal Maret 2021 sebagai penyempurnaan dari aplikasi Mandiri Online untuk meningkatkan kemudahan dan kenyamanan nasabah dalam mengakses layanan perbankan perseroan pada era bank 4.0.

Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi mengatakan, transformasi ini merupakan inisiatif untuk menjadi salah satu modern digital retail bank dengan layanan yang adaptif terhadap kebiasaan baru nasabah dalam bertransaksi.

Livin’ by Mandiri menjadi salah satu aplikasi dengan jangkauan akses pembayaran terluas di tanah air, mulai dari layanan utilitas (seperti listrik, air, telepon atau TV kabel), pembayaran e-commerce, pendidikan, top up e-wallet, hingga layanan pembayaran pajak ataupun kewajiban rutin lainnya.

Pada peluncuran Livin’ by Mandiri, tercatat 4,5 juta nasabah pengguna aktif Mandiri Online beralih ke Livin’ by Mandiri. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement