Jumat 30 Apr 2021 15:14 WIB

Mau Bawa Pulang Toyota Raize, Siapkan Anggaran Segini

Pihak TAM sementara hanya memproduksi Raize 1.0 turbo terlebih dahulu.

Red: Hiru Muhammad
Toyota Raize, siap meramaikan pasar SUV di Tanah Air
Foto: dok TAM
Toyota Raize, siap meramaikan pasar SUV di Tanah Air

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Tak mau kalah dengan saudara kembarnya, Toyota resmi melansir Raize. Kehadiran kendaraan berkapasitas lima tempat duduk ini diperkirakan akan kian meramaikan pasar SUV yang kini sedang  berkembang pesat.

Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM) menyatakan kehadiran Raize di Tanah Air tidak terlepas dari berkembangnya pasar SUV di global. Di Indonesia sendiri perkembangan pasar SUV 7 tempat duduk mencapai 60 persen dan 5 tempat duduk mencapai 40 persen. "Segmen 5 seater akan naik terus, mungkin pasar akan kian gemuk," katanya.

Raize yang bermodal mesin 1.0 turbocharge, dirancang sebagai SUV yang ditujukan bagi kaum milenial atau mereka yang baru pertama memiliki kendaraan. Raize juga dipasarkan dalam beberapa model hingga kasta tertinggi GR sport. Sedangkan Rush yang berkapasitas mesin lebih besar ditujukan bagi keluarga dan ruang kabin lebih lapang. 

Toyota Raize hadir dalam 6 varian yaitu 1.0 Turbo GR Sport CVT TSS, 1.0 Turbo GR Sport CVT, 1.0 Turbo G CVT, 1.0 Turbo G M/T, serta varian 1.2 G CVT dan 1.2 G M/T, di mana masing-masing memiliki daya tarik sendiri untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang juga beragam. Bagi pelanggan yang ingin tampilan SUV lebih sporty maka dapat memilih varian GR Sport yang terdapat di 1.0 Turbo GR Sport CVT TSS dan 1.0 Turbo GR Sport CVT. Untuk tipe 1.0T mulai tersedia dan dapat dipesan sejak 30 April 2021. 

Pihak TAM sementara hanya memproduksi Raize 1.0 turbo terlebih dahulu. Sedangkan untuk Raize berkapasitas 1.2 liter diperkirakan baru mulai diproduksi kuartal kedua mendatang. Terkait dengan fasilitas PPnBM yang dicanangkan pemerintah hingga akhir tahun ini, SUV yang laris di Jepang tersebut  sudah dapat dibawa pulang dengan kisaran harga mulai Rp 219,9 juta tipe G one tone hingga Rp 265,9 juta untuk kasta tertinggi GR CVT TSS two tone. "SPK resminya hari ini," kata Anton.

Toyota Raize dilengkapi dengan fitur keselamatan yang lengkap seperti 6 Airbags, Pedal Misoperation Control, dan TSS + BSM RCTA. Semua fitur keselamatan ini terdapat pada varian 1.0 Turbo GR Sport CVT TSS. TSS adalah Toyota Safety Sense yang merupakan fitur keselamatan yang biasanya terdapat pada model di segmen high—premium segmen.

Selain itu, seluruh tipe Toyota Raize sudah dilengkapi fitur keamanan berupa rem dengan Anti-lock Braking System (ABS), Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist (HSA), Seatbelt Warning, Rear Parking Sensor, Rear Parking Camera, serta Alarm + Immobilizer.

Soal perawatan dan kekhawatiran terkait perawatan mesin turbo dan tige silinder,  bagi Anton itu bukan masalah. Publik di Tanah Air sudah terbiasa dengan mesin turbo pada Fortuner. Raize adalah mobil baru, platform baru, mesin baru yang berbeda dengan LCGC. Di Jepang sendiri publik menerima Raize dengan baik. Meski diakui masyarakat di Tanah Air masih perlu edukasi lebih jauh terkait hal ini. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement