Jumat 14 May 2021 15:53 WIB

5 Kegelapan yang Bisa Berubah Terang Menurut Abu Bakar

Kegelapan ini bukanlah mutlak tak ada kegelapan lainnya di luar itu.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Ani Nursalikah
5 Kegelapan yang Bisa Berubah Terang Menurut Abu Bakar
Foto: tangkapan layar pada michaelvladeck.com
5 Kegelapan yang Bisa Berubah Terang Menurut Abu Bakar

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hampir seluruh manusia menemui momentum-momentum gelap dalam hidupnya, namun demikian hadirnya gelap bukan berarti tak ada penawar terangnya. Sayyidina Abu Bakar pun menjabarkan mengenai lima kegelapan yang juga dapat diubah menjadi penuh cahaya terang yang dapat dilalui.

Pakar Ilmu-Ilmu Keislaman (Dirasat Islamiyah) KH Muhammad Arifin dalam kajian live streaming kitab Nashaihul Ibad, menjelaskan, lima kegelapan yang dapat diubah menjadi cahaya terang menurut Sayyidina Abu Bakar bukanlah mutlak tak ada kegelapan lainnya di luar itu. Hanya saja, kata dia, lima kegelapan ini adalah rangkuman yang dibuat Sayyidina Abu Bakar.

Baca Juga

Lima kegelapan yang dapat berubah terang itu, yaitu sebagai berikut.

Pertama, cinta kepada dunia yang berlebihan. Penerang dari cinta kepada dunia yang berlebihan ini adalah dengan menikmati dunia dengan secukupnya, sesuai dengan batasan-batasan yang ditetapkan Allah SWT.

Kedua, dosa adalah kegelapan. Adapun penerang dosa adalah taubat.

Karena sifat manusia tak luput dari salah, dosa seakan menjadi momok yang terus membayangi kehidupan manusia. Maka ketika seseorang tengah berbuat dosa, ia berada dalam kegelapan sebelum ia bertaubat dan memperoleh cahaya terang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement