Selasa 04 May 2021 11:27 WIB

Di Serang Program Kuliah Gratis, Anak Buruh Dapat Bea Siswa

Meski APBD terbatas pemkab Serang berkomitmen melanjutkan program bea siswa

Red: Hiru Muhammad
Pemkab Serang berkomitmen terus menyalurkan bea siswa bagi mahasiswa berprestasi di wilayahnya
Foto: istimewa
Pemkab Serang berkomitmen terus menyalurkan bea siswa bagi mahasiswa berprestasi di wilayahnya

REPUBLIKA.CO.ID, SERANG--Reni Safitri tidak bisa menutupi kebahagiaannya karena mendapatkan bea siswa Fakultas Kedokteran Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) dari APBD Kabupaten Serang. Ia pun bersama kedua orangtuanya bersilaturahmi langsung dengan Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah, Senin (3/5). 

Reni adalah putri dari seorang buruh pabrik kertas di Kecamatan Kragilan. Jika dihitung dari sisi ekonomi, tidak mungkin keluarganya mampu membiayai kuliah Reni di Fakultas Kedokteran yang ternilai mahal. Ia lulus dari sekolah swasta di Kabupaten Tangerang dan lolos di Fakultas Kedokteran Untirta melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Undangan atau tanpa tes tulis. 

“Bea siswa ini adalah bentuk karunia Allah SWT, kami hanya perantara. Saya yakin, ini berkat doa orangtua, serta niat yang kuat untuk bisa kuliah. Jika punya prestasi, insya Allah, kami memberikan kesempatan kepada anak-anak Kabupaten Serang untuk bisa kuliah gratis,” ujar Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah melalui keterangan tertulis. 

Tatu berkomitmen untuk terus melanjutkan program bea siswa perguruan tinggi, meski APBD terpengaruh oleh pandemi Covid-19. “Memang kekuatan APBD kita terbatas, tetapi jika punya niat, saya yakin kita semua akan dipermudah,” ujar Tatu. 

Sejak tahun 2017 hingga tahun 2020, Pemkab Serang sudah memberikan bea siswa untuk 866 mahasiswa. Diantaranya Fakultas Kedokteran Untirta 9 mahasiswa, D-3 Vokasi Universitas Indonesia 21 mahasiswa, Fakultas Pertanian Untirta 2 mahasiswa, S-1 guru PAUD 726 mahasiswa, D-1 Teknik Untirta 107 mahasiswa, dan Fakultas Hukum Untirta 1 mahasiswa. 

Perwakilan mahasiswa penerima bea siswa juga diundang pada kesempatan tersebut. “Saya berpesan, kepada anak-anak mahasiswa yang mendapatkan beasiswa untuk serius belajar. Memberikan kebanggaan kepada orang tua, dan menjadi generasi Kabupaten Serang yang berprestasi,” ujar Tatu.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Serang Asep Nugrahajaya mengatakan, penyerahan simbolis bea siswa untuk Reni Safitri merupakan momen memperingati Hari Pendidikan Nasional sekaligus deklarasi Bupati Serang dalam melanjutkan program bea siswa. “Atas undangan Pemkab Serang, Reni dan kedua orangtuanya dapat bersilaturahmi dengan Ibu Bupati Serang,” ujarnya. 

Dekan Fakultas Kedokteran Untirta, Siti Farida mengaku bangga dengan Pemkab Serang. “Dari delapan kabupaten/kota di Banten, saya lihat baru Ibu Bupati Serang yang berkomitmen memberikan bea siswa bagi mahasiswa Fakultas Kedokteran Untirta. Anggaran yang disedikan tentu tidak sedikit, khususnya untuk kuliah di fakultas kedokteran,” ujarnya. 

Reni Safitri menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Serang, terutama Bupati Serang. Berkuliah di Fakultas Kedokteran merupakan cita-citanya. “Alhamdulillah, dan insya Allah kesempatan ini akan saya manfaatkan dengan baik, dan berkuliah dengan baik,” ujarnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement