Selasa 04 May 2021 11:27 WIB

Harga Emas Antam Melonjak Lagi Setelah Jeblos Sepekan

Rekor harga emas Antam tertinggi tercapai pada 7 Agustus 2020 Rp 1,065 juta per gram.

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Nidia Zuraya
Karyawan menunjukkan emas batangan di Butik Emas Antam, Kebon Sirih, Jakarta (ilustrasi).
Foto: GALIH PRADIPTA/ANTARA
Karyawan menunjukkan emas batangan di Butik Emas Antam, Kebon Sirih, Jakarta (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Harga emas produksi Antam akhirnya menanjak cukup tinggi hari ini setelah lebih dari sepekan konsisten turun. Pada Selasa (4/5) ini, harga emas Antam dijual di level Rp 930 ribu per gram, naik Rp 9.000 dibanding perdagangan Senin (3/5).

Sebelumnya, dalam sepekan terakhir, harga emas cukup konsisten turun meninggalkan harga tertinggi sepanjang April, yakni Rp 940 ribu per gram. 

Baca Juga

Namun, secara umum dalam enam bulan terakhir harga emas Antam masih melanjutkan tren penurunan. Rekor harga emas Antam tertinggi tercapai pada 7 Agustus 2020 dengan Rp 1,065 juta per gram.

Harga emas Antam pada hari ini berada pada rentang yang sama dengan periode Mei-Juni 2020 lalu. Sementara itu, harga perak juga naik Rp 400 menjadi Rp 13.300 per gram. 

Melonjaknya harga emas domestik hari ini sejalan dengan kondisinya di pasar dunia. Hal ini didorong oleh imbal hasil obligasi AS yang belum juga beranjak naik dan stimulus fiskal serta moneter yang disiapkan Pemerintah AS. 

Dikutip Reuters, harga emas dunia naik lebih dari 1 persen ke level 1.791,26 dolar AS per gram untuk spot dan 1.791,8 dolar AS per gram untuk berjangka. 

Baca juga: Bill Gates dan Melinda Gates Cerai Setelah 27 Tahun Nikah

Harga emas di pasar dunia saat ini juga masih jauh di bawah angka psikologis 1.900 dolar AS per troi ons untuk membawa kembali harga emas domestik ke kisaran Rp 1 juta per gram. Harga emas di Indonesia memang banyak dipengaruhi pergerakan harga emas dunia, yang juga mudah terpengaruh sentimen ekonomi.  

Harga emas telah melonjak 23 persen hanya dalam tahun 2020 sebagai akibat ramainya minat investor menjadikan emas sebagai aset lindung nilai. Namun, pada 2021 ini, kondisinya bisa berbeda. Peningkatan yang terjadi tahun lalu tidak bisa dijadikan patokan mentah untuk tahun ini. 

Sementara itu, harga buyback atau pembelian kembali emas oleh Antam justru naik lebih tinggi, Rp 11 ribu, ke angka Rp 833 ribu per gram. Harga jual dan harga buyback yang ditampilkan dalam berita ini merupakan harga resmi di Butik Emas Logam Mulia Pulo Gadung Jakarta, dikutip dari situs resminya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement