Selasa 04 May 2021 21:12 WIB

Tha'am Hidupkan Tradisi Kuliner Arab-Sisilia

Tha'am menjadi restoran Arab yang tertua di desa tepi laut Sisilia.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Agung Sasongko
Sisilia, Italia.
Foto: google,com
Sisilia, Italia.

REPUBLIKA.CO.ID, PALERMO -- Tha'am menjadi restoran Arab yang tertua di desa tepi laut Sisilia, San Vito Lo Capo, Italia. Ini menjadi restoran Arab tertua dan paling terkenal di San Vito lo Capo.

Restoran ini milik keluarga Anna Graziano. Pada saat tim Middle East Eye (MEE) mengunjungi restoran ini, Graziano tengah menumpuk bantal di sudut restoran keluarganya, Tha'am. Dia meletakkan taplak meja rajutan bergaya macrame berwarna biru pucat saat mereka bersiap untuk buka bagi pengunjung malam.

Baca Juga

"Semuanya harus sempurna untuk tamu kita," kata dia dengan senyum ramah.

Ada uap yang mengepul dari tajine terakota memenuhi udara, dan berhembus sampai ke jalan. Lentera perak di atas meja dan sofa yang nyaman menghiasi pintu masuk utama, di mana pelanggan dapat menikmati pilihan rasa shisha mereka.

Seorang pramusaji membawa beberapa makanan pembuka yang disajikan dengan elegan dalam mangkuk keramik ke meja turis dari Italia utara. Elettra Arban dan dua temannya dari Milan mencelupkan hummus dan babaganoush, lalu menyicipi teh khas Tha'am dengan mint dan kacang pinus.

"Rasanya seperti Anda berada di negara Arab, tetapi kemudian Anda menyadari bahwa Anda belum benar-benar meninggalkan Italia. Ini istimewa," kata seorang turis Italia dari Milan, Arban.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement