Rabu 05 May 2021 15:35 WIB

Syahidnya Tsabit bin Qais dan Kisah Baju Besi yang Dicuri

Di zaman Khalifah Abu Bakar, Tsabit menemui syahid yang sudah lama dirindukannya.

Red: Agung Sasongko
Ilustrasi Sahabat Nabi
Foto: MgIt03
Ilustrasi Sahabat Nabi

REPUBLIKA.CO.ID, Rasulullah Shallallahu Alaihi Wassalam pernah meriwayatkan Tsabit bin Qais akan terus berperang sampai syahid dan memasukannya ke dalam surga. Peristiwa tersebut akhirnya benar-benar terjadi.

Pada sebuah peperangan di zaman Khalifah Abu Bakar, Tsabit telah menemui syahid yang sudah lama dirindukannya. Menurut riwayat, pada saat tergeletak di medan pertempuran, melintaslah seorang Muslim yang baru masuk Islam dan ia melihat dalam tubuh Tsabit masih ada baju besinya yang menurut perkiraannya sangat berharga.

Baca Juga

Ia pun mengambilnya, kemudian pulang kerumah dengan santainya. Tak seorang pun yang mengetahui apa yang dilakukan pria ini.

Pada saat seorang lelaki yang lain tidur, ia didatangi Tsabit yang berkata kepadanya, “Aku hendak mewasiatkan kepadamu satu wasiat, tapi berkata bahwa ini hanya mimpi yang sia-sia. Sewaktu aku gugur, lewat ke dekatku seorang Muslim lalu diambilnya baju besiku. Rumahnya sangat jauh, orang tersebut memiliki kuda yang kepalanya mendongak bagai tertarik tali kekangan.”

"Baju besi itu disimpan ditutupi sebuah periuk, besar dan periuk itu ditutupi pelana unta (sakedup). Pergilah kepada Khalid dan mintalah seseorang mengambilnya. Kemudian apabila kamu sudah sampai ke Kota Madinah menghadap Khalifah Abu Bakar, katakan kepadanya bahwa aku mempunyai utang sekian banyaknya, aku mohon agar ia bersedia membayarnya.”

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement