Kamis 06 May 2021 05:45 WIB

Berapa Tahun Umur Nabi Adam Hidup di Dunia?

Tak ada riwayat kuat tentang umur Nabi Adam selama di dunia.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Nashih Nashrullah
Nabi Adam dan istrinya, Hawa, berada berada di surga sebelum diiturunkan ke dunia. Ilustrasi Surga
Foto: Pixabay
Nabi Adam dan istrinya, Hawa, berada berada di surga sebelum diiturunkan ke dunia. Ilustrasi Surga

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Tidak mungkin mengetahui berapa lama usia hidup semua Nabi. Karena, Allah SWT memang tidak memberi tahu kita ihwal umur dari setiap Nabi yang Dia utus.

وَرُسُلًا قَدْ قَصَصْنَاهُمْ عَلَيْكَ مِنْ قَبْلُ وَرُسُلًا لَمْ نَقْصُصْهُمْ عَلَيْكَ ۚ وَكَلَّمَ اللَّهُ مُوسَىٰ تَكْلِيمًا "Dan, ada beberapa rasul yang telah Kami kisahkan mereka kepadamu sebelumnya dan ada beberapa rasul (lain) yang tidak Kami kisahkan mereka kepadamu. Dan, kepada Musa, Allah berfirman langsung." (QS an-Nisa 164). 

Adapun para Nabi dan Rasul yang disebutkan dalam Alquran, jumlahnya 25. Soal berapa lama kehidupan mereka, termasuk usia hidup mereka, sering kali merujuk pada ahli kitab, khususnya kalangan Bani Israel.

Usia hidup mereka memang tidak disebutkan dalam nas syar'i Alquran dan sunnah, kecuali, yang disebutkan di dalam Shahih Bukhari tentang usia Nabi Muhammad SAW.

Namun, banyak intelektual Muslim dan sejarawan yang mengulas dalam buku mereka soal usia para nabi. Salah satunya, sebagaimana yang akan dibahas kali ini, adalah Nabi Adam terkait berapa lama beliau hidup. 

Wahab bin Munabbih mengatakan, periode Nabi Adam AS hidup adalah seribu tahun. Sedangkan, Ibnu Qutaibah al-Dainuri dalam kitabnya berjudul al-Ma'arif, menyampaikan bahwa ada pendapat yang menyebut periode hidup Nabi Adam adalah 930 tahun. Hal ini sebagaimana tertulis di dalam Taurat. Sedangkan, Ibnu Qutaibah sendiri berpendapat, usia hidup Nabi Adam adalah 960 tahun. 

Selain itu, Adam sebetulnya adalah nama yang bersifat kearaban dan bukan nama yang asing. Nama ini pun dilarang untuk di-tashrif. Kulit Nabi Adam cokelat yang konon diciptakan dari permukaan Bumi. Allah SWT menyebut Adam dalam Alquran sebanyak 27 kali. Dan, Nabi Adam disebut juga sebagai bapak umat manusia. 

Allah SWT menciptakan Adam dengan tangan dan mengembuskan ruh ke dalamnya pada Jumat dan diambil dari Surga pun pada hari yang sama. Dalam hadits Muslim, Rasulullah SAW bersabda:

خَيْرُ يَومٍ طَلَعَتْ عليه الشَّمْسُ يَوْمُ الجُمُعَةِ، فيه خُلِقَ آدَمُ، وفيهِ أُدْخِلَ الجَنَّةَ، وفيهِ أُخْرِجَ مِنْها "Sebaik-baiknya hari di mana matahari terbit saat itu adalah hari Jumat. Pada hari itulah Adam diciptakan, hari ketika ia dimasukkan ke dalam surga dan hari ketika ia dikeluarkan dari surga. Dan, hari Kiamat tidak akan terjadi kecuali pada hari Jumat."

 

Sumber: mawdoo3

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement