Kamis 06 May 2021 13:00 WIB

Kezuhudan Utbah bin Ghazwan Memimpin Basrah

Utbah membangun Kota Basrah dan membangun sebuah masjid besar di dalamnya.

Red: Agung Sasongko
Ilustrasi Basrah, Kota yang Dibangun Peradaban Islam
Foto: wikipedia
Ilustrasi Basrah, Kota yang Dibangun Peradaban Islam

REPUBLIKA.CO.ID, Utbah bin Ghazwan berhasil mengemban misi membebaskan Ubullah dari pendudukan tentara Persia. Di tempat itu Utbah membangun Kota Basrah dan membangun sebuah masjid besar di dalamnya. 

Kemudian dia bermaksud untuk kembali ke Madinah, tetapi Amirul Mukminin memerintahkannya untuk tetap tinggal di sana, memimpin pemerintahan di Basrah.

Baca Juga

Utbah pun menaati perintah Amirul Muminin Umar RA, membimbing rakyat melaksanakan shalat, mengajarkan masalah agama, menegakkan hukum dengan adil, dan memberikan contoh tentang kezuhudan, wara’ dan kesederhanaan.

Dengan tekun dikikisnya pola hidup mewah dan berlebihan sehingga menjengkelkan mereka yang selalu memperturutkan hawa nafsu.

Pernah dalam sebuah pidato Utbah berkata, “Demi Allah, sesungguhnya telah kalian lihat aku bersama Rasulullah SAW sebagai salah seorang kelompok tujuh, yang tak punya makanan kecuali daun-daun kayu, sehingga bagian mulut kami pecah-pecah dan luka-luka. Di suatu hari aku beroleh rezeki sehelai baju burdah, lalu kubelah dua, yang sebelah kuberikan kepada Sa’ad bin Malik dan sebelah lagi kupakai untuk diriku.”

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement