Jumat 07 May 2021 07:14 WIB

Hujan Deras, Kabupaten Bogor Dilanda Banjir dan Longsor

Banjir dan tanah longsor terjadi di empat kecamatan.

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Ani Nursalikah
Hujan Deras, Kabupaten Bogor Dilanda Banjir dan Longsor. Jalan alternatif Pakansari, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor tergenang banjir setelah diguyur hujan deras. Ilustrasi
Foto:

Selain itu, banjir yang melanda Desa Leuwikaret, Kecamatan Klapanunggal terjadi akibat hujan dengan intensitas tinggi dan drainase yang kecil. Sehingga beberapa unit rumah warga terendam air setinggi sekitar 10 hingga 50 centimeter.

Selanjutnya, Budi menjelaskan, di Kecamatan Gunung Putri, ribuan rumah di Perumahan Villa Nusa Indah 1 dan Villa Nusa Indah 2 terendam banjir akibat luapan di hulu Sungai Cileungsi. Diperkirakan, ketinggian air mencapai 120 sentimeter. “Korban terancam tidak ada, namun ada 2.352 rumah yang dihuni 9.408 jiwa terdampak banjir. Termasuk lima masjid dan satu sekolah,” ujarnya.

Lebih lanjut, Budi mengatakan, di Kecamatan Cibinong, bencana banjir terjadi di Kelurahan Pakansari, Kelurahan Cimekar, Kelurahan Harapan Jaya, dan Kelurahan Tengah. Di Kelurahan Pakansari, banjir melanda Kampung Curug yang diakibatkan oleh aliran Kali Cikumpa dengan kedalaman sekitar 80 cm.

Sedangkan, di Kelurahan Cirimekar, hujan dengan intensitas tinggi yang terjadi cukup lama membuat hilir sungai menuju Setu Citatah mengalami penyempitan sehingga meluap ke pemukiman warga. Di Kelurahan Harapan Jaya, air meluap dari aliran Sungai Cikaret.

“Kalau di Kelurahan Tengah, berdasarkan analisa petugas di lapangan, banjir terjadi karena luapan air Setu Bantenan dan penyempitan Kali Kupa pada curah hukan tinggi. Menurut kesaksian warga setempat, ada pendangkalan dan penyumbatan pada kali buangan tersebut,” jelasnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement