Jumat 07 May 2021 23:27 WIB

Studi Harvard: Olahraga Kurang dari 10 Menit untuk Sehat

Studi Harvard sebut hanya butuh waktu kurang dari 10 menit berolahraga untuk sehat.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Nora Azizah
Studi Harvard sebut hanya butuh waktu kurang dari 10 menit berolahraga untuk sehat.
Foto: Flickr
Studi Harvard sebut hanya butuh waktu kurang dari 10 menit berolahraga untuk sehat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seberapa banyak Anda perlu berlari setiap pekan untuk menjadi bugar dan sehat? Latihan terkadang seperti “kerja keras” sehingga Anda berpikir perlu melakukan banyak hal untuk menurunkan berat badan, atau menjadi lebih sehat.

Namun, sebuah laporan dari Universitas Harvard menunjukkan bahwa Anda hanya perlu melakukan olahraga kurang dari 10 menit sehari untuk meningkatkan kesehatan Anda. Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of the American College of Cardiology itu meneliti data lebih dari 55 ribu pria dan wanita dari seluruh dunia. Semuanya berusia antara 18 tahun hingga 100 tahun, ketika penelitian pertama kali dimulai. Sekitar seperempat dari mereka adalah pelari biasa.

Baca Juga

Selama 15 tahun, mereka yang berlari hanya 50 menit seminggu atau kurang, dengan kecepatan lambat hingga sedang cenderung tidak meninggal karena sebab apapun, dibandingkan dengan mereka yang tidak berlari sama sekali. Anda tidak hanya perlu berlari dengan kecepatan sedang untuk menjadi lebih sehat, tetapi juga perlu berlari rata-rata 7,15 menit setiap hari.

Itu tolok ukur yang cukup mudah untuk dicapai, tetapi jika Anda berlari lebih lama tentu akan mendapatkan banyak manfaat. Ahli jantung yang berafiliasi dengan Harvard, dr. Aaron Baggish menegaskan keputusan memulai olahraga, baik itu berjalan, jogging, bersepeda, atau mesin akan membuat tubuh menjadi lebih baik.

“Banyak pelari yang tidak berpikir berlari ingin hidup lebih lama. Mereka lari karena membuat mereka merasa lebih baik setiap hari. Ada peningkatan mood, manfaat kualitas hidup dari berolahraga secara teratur,” kata Baggish dilansir Fit and Well, Jumat (7/5).

Manfaat meningkatkan suasana hati itu dapat berkontribusi pada manfaat umur panjang lari. Suasana hati yang sangat terkenal dikaitkan dengan kematian, seperti yang ditemukan oleh para peneliti di University College London, meskipun masih belum jelas alasannya. Namun, bila dikombinasikan dengan manfaat kardiovaskular yang jelas dari lari, peningkatan suasana hati sulit dikalahkan, terutama jika Anda mengalami high runner.

Jika Anda belum pernah berlari sebelumnya, kenyataannya, Anda hanya perlu berjalan kurang dari 10 menit dengan kecepatan yang nyaman untuk mendapatkan manfaatnya. Namun, Anda juga harus memastikan bahwa Anda mendapatkan alat yang tepat untuk olahraga itu, artinya Anda harus menemukan pakaian olahraga yang nyaman dan sepatu yang mendukung langkah Anda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement