MUI Bangka Sarankan Lansia tidak Sholat Id di Masjid

Red: Ani Nursalikah

Selasa 11 May 2021 13:24 WIB

MUI Bangka Sarankan Lansia tidak Sholat Id di Masjid Foto: Republika/Darmawan MUI Bangka Sarankan Lansia tidak Sholat Id di Masjid

REPUBLIKA.CO.ID, SUNGAILIAT -- Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Syiful Zohri menyarankan warga lanjut usia yang memiliki kendala kesehatan tidak ikut Sholat Id berjamaah di masjid.

"Saya sarankan seluruh lansia terutama yang mengalami kendala kesehatan hendaknya jangan melakukan Sholat Id atau Idul Fitri di masjid guna mencegah penyebaran Covid-19," katanya, Selasa (11/5).

Baca Juga

Dia mengatakan, selain warga lansia, yang disarankan Sholat Id di rumah, untuk orang tua juga tidak membawa anak kecil saat sholat di masjid guna menghindari kerumunan orang. "Bagi lansia yang mengalami masalah kesehatan dan anak-anak untuk sementara jangan dulu ke masjid, mengingat kondisi penyebaran Covid-19 mengalami peningkatan," ujarnya.

Syaiful mengingatkan seluruh pengurus masjid yang menyelenggarakan sholat Idul Fitri, harus benar-benar menerapkan protokol kesehatan, seperti menyediakan sabun, mewajibkan jamaah memakai masker, dan mengatur jarak shaf sholat.

"Saya mengajak seluruh lapisan masyarakat berperan membantu pemerintah dalam melakukan pencegahan penyebaran virus corona yang terjadi lebih dari satu tahun," ujarnya.Menurutnya, pencegahan penyebaran Covid-19 harus dilakukan terpadu semua lapisan masyarakat mengingat sebaran kasus sudah merata di semua wilayah kecamatan.