Rabu 12 May 2021 08:48 WIB

Shin: Kondisi Pemain Belum Maksimal Jelang Kualifikasi

Salah satu penyebab utama kondisi tersebut adalah para pemain tengah menjalani puasa.

Red: Endro Yuwanto
Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong (kanan).
Foto: Antara/Aditya Pradana Putra
Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong (kanan).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelatih tim nasional (timnas) Indonesia Shin Tae-yong menyebut bahwa kondisi para pemainnya belum maksimal. Timnas akan tampil dalam lanjutan laga Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia di Uni Emirat Arab (UEA).

"Performa pemain baru hampir 50 persen," ujar Shin seusai memimpin latihan skuadnya di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (11/5) malam.

Menurut juru taktik asal Korea Selatan (Korsel) itu, salah satu penyebab utama kondisi tersebut adalah para pemain tengah menjalani puasa. Harus menahan lapar dan haus nyaris sepanjang hari membuat asupan nutrisi dan latihan menjadi tidak maksimal.

"Ketika berpuasa, konsumsi gizi sangat kurang. Itu membuat sulit meningkatkan kondisi fisik dan mental," kata Shin menjelaskan.

Situasi lain yang membuat performa para pemain belum mencapai standar Shin adalah belum bergulirnya liga sepak bola profesional Indonesia sejak dihentikan pada pertengahan Maret 2020.

Pelaksanaan turnamen pramusim Piala Menpora 2021 pada 21 Maret-25 April dianggapnya belum cukup untuk mengasah kemampuan para pemain timnas. Oleh karena itu, Shin Tae-yong sepertinya cukup realistis dalam menyambut tiga laga terakhir Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia di UEA.

Skuad Garuda nantinya melawan Thailand pada 3 Juni, lalu Vietnam pada 7 Juni, dan Uni Emirat Arab pada 11 Juni 2021. Sebelum itu, timnas Indonesia akan menghadapi dua laga uji coba di UEA, yaitu menghadapi Afghanistan pada 25 Mei dan Oman pada 29 Mei 2021.

"Memang sebaiknya kami memenangi tiga laga grup itu. Namun, yang penting kami harus bisa menunjukkan bahwa sepak bola Indonesia memiliki harapan cerah," kata Shin.

Untuk persiapan menuju Kualifikasi Piala Dunia 2022, timnas Indonesia menjalani pemusatan latihan (TC) di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta, mulai 1 Mei 2021.

Klasemen Liga 1 Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement