Jumat 14 May 2021 06:25 WIB

Perempuan Ini Ditunjuk untuk Pimpin Dinas Rahasia Italia

Belloni sempat memimpin unit krisis di Kementerian Luar Negeri Italia.

Red: Yeyen Rostiyani
Elisabetta Belloni
Foto: GIORGIO ONORATI/EPA
Elisabetta Belloni

REPUBLIKA.CO.ID, ROMA -- Italia menunjuk seorang perempuan pertama untuk memimpin dinas rahasia negara itu, Department of Information Security (DIS). Sosok itu adalah Elsabetta Belloni (63 tahun), mantan duta besar yang kerap menduduki posisi penting di pemerintahan. 

DIS bertugas mengawasi dinas intelijen dalam dan luar negeri Italia. DIS juga menangani kontraspionase dan keamanan siber. Badan ini akan bertanggung jawab langsung kepada pemerintah.

Menurut laman BBC, Kamis (13/5), penunjukan Belloni diumumkan Perdana Menteri Italia Mario Draghi sehari sebelumnya. Penunjukan ini disambut pada politisi termasuk ketua partai League, Matteo Salvini. Salvini bahkan menjuluki Belloni sebagai "wanita pemberani".

Siapakah Belloni? Sosok kelahiran 1958 ini termasuk perempuan pertama yang masuk pendidikan Massimiliano Massimo Institute di Roma. Institut itu semula eksklusif hanya untuk kaum pria. Di insitut itu pula tempat sang perdana menteri, Draghi, menuntut ilmu.

Belloni sempat memimpin unit krisis di Kementerian Luar Negeri Italia pada 2004 hingga 2008. Saat itu ia menangani kasu-kasus warga Italia yang dibunuh atau cedera di luar negeri. Termasuk yang menjadi urusannya adalah penculikan warga Italia di Afghanistan dan Irak. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement