Sabtu 15 May 2021 19:45 WIB

Libur Lebaran, Jumlah Wisatawan di Alun-Alun Kota Batu Naik

Jumlah pengunjung di Alun-Alun Kota Batu berkisar 3.000 orang per hari

Red: Gita Amanda
Alun-alun Kota Batu.
Foto: Republika/Rakhmawaty
Alun-alun Kota Batu.

REPUBLIKA.CO.ID, KOTA BATU -- Jumlah kunjungan wisatawan di Alun-Alun Kota Batu, Jawa Timur, pada H+2 Idul Fitri 1442 Hijriah atau Sabtu (15/5), ini terpantau mengalami peningkatan dibanding dengan hari-hari sebelumnya.

"Mulai ada peningkatan hari ini. Kalau awal Ramadhan sepi sekali, sekarang ada lonjakan," kata Sekretaris Pengelola Alun-Alun Kota Batu S Fatmawati di Kota Batu, Jawa Timur, Sabtu (15/5).

Baca Juga

Fatma mengatakan pada hari-hari sebelum libur Lebaran 2021, jumlah pengunjung di Alun-Alun Kota Batu berkisar 500 orang per hari, namun saat ini diperkirakan mencapai 3.000 orang. Menurut dia, kunjungan sebanyak 3.000 orang tersebut tidak datang secara bersamaan dan pengunjung biasanya hanya menghabiskan waktu tidak terlalu lama, berkisar antara 30 menit hingga satu jam.

"Sementara, untuk kapasitas total mencapai 5.000 orang," katanya.

Fatma menambahkanpihaknya menerapkan protokol kesehatan secara ketat bagi para pengunjung kekawasan Alun-Alun, yang merupakan salah satu destinasi favorit di Kota Batu. Menurut dia, penerapan protokol kesehatan dilakukan sejak wisatawan akan memasuki area Alun-Alun. Wisatawan diminta mencuci tanganatau menggunakan cairan pembersih tangan.

Kemudian, wisatawan wajib menggunakan masker dan menjaga jarak. Selain itu, petugas Alun-Alun Kota Batu terus memberikan imbauan kepada masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan secara ketat. Disiapkan juga petugas yang berkeliling untuk memantau penerapan protokol kesehatan (prokes).

"Penerapan prokessangat diperhatikanmulai dari masuksampai di dalam, wajib menggunakan masker, setelah itu diperiksa suhu tubuh. Dan dianjurkan untuk mencuci tangan dan menggunakan hand sanitizer, dan diimbau untuk menjaga jarak,"kata Fatma.

Salah seorang pengunjung Alun-AlunMuhammad Afrianto (38 tahun), warga Kecamatan Blimbing,Kota Malang, mengatakan dirinya dan keluarganya menyempatkan berwisata ke Alun-Alun usai menemui saudaranya di Kota Batu. "Kami dari Kota Malangbersama keluarga. Tadi, dari rumah saudara di Junrejo, kemudian ke Alun-Alun ini," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement