Sabtu 22 May 2021 07:34 WIB

Wapres Ingin Kerja Sama Indonesia-Singapura Ditingkatkan

Peningkatan kerja sama diharap terus berdampak pada pulihnya perekonomian dua negara.

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Andi Nur Aminah
Wakil Presiden  RI Maruf Amin.
Foto: Dok.KIP/Setwapres
Wakil Presiden RI Maruf Amin.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Presiden (Wapres) KH Ma'ruf Amin melakukan pembicaraan melalui sambungan telepon dengan Menteri Senior sekaligus Menteri Koordinator Bidang Keamanan Nasional Republik Singapura Teo Chee Hean, Jumat (21/5). Dalam pembicaraan tersebut, Wapres mengungkapkan harapannya agar kerja sama Indonesia - Singapura baik di tingkat ASEAN maupun secara bilateral terus ditingkatkan.

"Saya menyambut baik beberapa kemajuan kerja sama bilateral, antara lain berlakunya Bilateral Investment Treaty antara RI – Singapura pada Maret 2021 lalu dan juga perundingan pembukaan travel corridor untuk pariwisata dari Singapura ke wilayah Batam dan Bintan," kata Wapres dalam keterangan yang dirilis Sekretaris Wakil Presiden, Jumat. 

Baca Juga

Wapres berharap peningkatan kerja sama terus berdampak pada pulihnya perekonomian kedua negara. Khususnya setelah pandemi Covid-19 memukul perekonomian dunia, termasuk kedua negara. "Saya berharap bahwa kemajuan ini menjadi titik awal pulihnya kembali perekonomian kita yang aman dari Covid-19," kata Ma'ruf.

Wapres juga mengatakan, pandemi Covid-19 masih menjadi tantangan besar dunia termasuk di kawasan ASEAN. Untuk itu, ia meminta setiap negara terus meningkatkan kerjasama dan mengambil langkah antisipatif guna mencegah terjadinya lonjakan kasus. Yakni mulai penerapan pembatasan dan protokol kesehatan, serta vaksinasi Covid-19.

"Ini menjadi kunci agar kita dapat keluar dari pandemi ini dan memulihkan perekonomian kita. Untuk itu, kerja sama kita, baik pada tingkat ASEAN maupun secara bilateral harus ditingkatkan," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Wapres juga mengucapkan terima kasih atas bantuan Singapura pada upaya pencarian Kapal Selam KRI Nanggala 402 yang tenggelam beberapa waktu lalu di Laut Utara Bali. Hal ini menurutnya menjadi salah satu bukti kuatnya hubungan Indonesia - Singapura. "Kuatnya hubungan kita juga tercermin dari solidaritas Singapura yang mengirim kapal MV Swift Rescue dalam pencarian awak KRI Nanggala 402," kata Wapres.

Sementara, Menteri Senior Teo Chee Hean mengawali percakapan dengan mengucapkan selamat Idul Fitri kepada Wapres. Tokoh yang menjabat sebagai Menteri Senior sejak 1 Mei 2019 ini juga menyampaikan bahwa dirinya adalah mantan Kepala Angkatan Laut Singapura sehingga turut merasakan kesedihan mendalam atas musibah yang menimpa KRI Nanggala 402.

“Sebagai anggota dari angkatan laut sendiri, saya juga merasakan duka sangat dalam waktu ada kejadian terhadap anggota angkatan laut. Dan kita sangat membantu kalau ada kejadian seperti ini,” ungkap Menteri Teo.

Di samping itu, Menteri Teo juga menyambut baik ajakan Wapres untuk terus meningkatkan kerjasama khususnya dalam bidang ekonomi. “Saya sangat senang melihat kedua negara, (para) menterinya (saling) memperkuat kerja sama di antara kedua negara kita, termasuk dalam sektor ekonomi digital, pertahanan, dan semua sektor ini untuk masa depan,” ucapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement