Ahad 23 May 2021 04:40 WIB

Beda Praktik Anti-Semit dan Zionisme di Barat dan Islam

Islam dan Barat mempunyai pandangan berbeda terkait Yahudi dan Kristen

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Nashih Nashrullah
Islam dan Barat mempunyai pandangan berbeda terkait Yahudi dan Kristen, serta Zionisme. Zionisme (ilustrasi).
Foto: Panoramio.com
Islam dan Barat mempunyai pandangan berbeda terkait Yahudi dan Kristen, serta Zionisme. Zionisme (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Dalam salah satu pernyataan publiknya, Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Antony Blinken, mengkritik Presiden Recep Tayyip Erdogan karena mengadopsi wacana politik anti-Semit.  Kritik ini bukan hanya penyimpangan kebenaran yang sederhana, melainkan kesalahan yang menyedihkan. 

Sepanjang sejarah Katolik Eropa, selalu ada masalah Yahudi, yang pada dasarnya adalah masalah agama. Bagi Gereja Katolik, Yudaisme bukanlah agama suci karena orang Yahudi dipandang sebagai pembunuh Yesus Kristus. Pada Abad Pertengahan, kota-kota Eropa memiliki agama mono, dan komunitas Yahudi tinggal di Ghetto. 

Baca Juga

Dalam bukunya "Flesh and Stone: The Body and the City in Western Civilization," profesor Richard Sennett menulis, "Orang-orang Yahudi di Genova tidak terhubung dengan penduduk kota lainnya dengan menutup mereka di dalam kastil dengan jendela batu ditempatkan di sebuah pulau.  Setelah mereka pergi berbelanja di pagi hari, orang-orang Yahudi berlindung di kastil itu pada malam hari. Mereka diyakini sebagai sumber dari semua kejahatan, termasuk kuman."

Sennett menekankan rekonstruksi umum orang-orang Yahudi sebagai setengah manusia, setengah makhluk.   

Di sisi lain, dalam Islam, baik Yudaisme maupun Kristen dianggap sebagai agama suci. Anggota dari ketiga agama monoteistik ini hidup berdampingan dengan damai di kota-kota Muslim. 

Di Kekaisaran Ottoman, misalnya, komunitas non-Muslim tidak hanya dilindungi negara, mereka juga hidup sesuai dengan hukum agama mereka sendiri. Di bawah sistem "rakyat" multiagama Ottoman yang terkenal, orang-orang Yahudi Sephardi adalah komunitas yang dihormati. 

 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
فَلَمَّا اسْتَا۟يْـَٔسُوْا مِنْهُ خَلَصُوْا نَجِيًّاۗ قَالَ كَبِيْرُهُمْ اَلَمْ تَعْلَمُوْٓا اَنَّ اَبَاكُمْ قَدْ اَخَذَ عَلَيْكُمْ مَّوْثِقًا مِّنَ اللّٰهِ وَمِنْ قَبْلُ مَا فَرَّطْتُّمْ فِيْ يُوْسُفَ فَلَنْ اَبْرَحَ الْاَرْضَ حَتّٰى يَأْذَنَ لِيْٓ اَبِيْٓ اَوْ يَحْكُمَ اللّٰهُ لِيْۚ وَهُوَ خَيْرُ الْحٰكِمِيْنَ
Maka ketika mereka berputus asa darinya (putusan Yusuf) mereka menyendiri (sambil berunding) dengan berbisik-bisik. Yang tertua di antara mereka berkata, “Tidakkah kamu ketahui bahwa ayahmu telah mengambil janji dari kamu dengan (nama) Allah dan sebelum itu kamu telah menyia-nyiakan Yusuf? Sebab itu aku tidak akan meninggalkan negeri ini (Mesir), sampai ayahku mengizinkan (untuk kembali), atau Allah memberi keputusan terhadapku. Dan Dia adalah hakim yang terbaik.”

(QS. Yusuf ayat 80)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement