Selasa 25 May 2021 17:41 WIB

Apa yang Harus Dikonsumsi dan Dihindari Saat Perut Kosong?

Alih-alih minum kopi atau teh wajib untuk memulai hari, beralihlah minum air hangat.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Yang harus dikonsumsi dan dihindari saat perut kosong (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com.
Yang harus dikonsumsi dan dihindari saat perut kosong (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sesuatu yang dimakan dan diminum pada pagi hari sangat penting untuk energi sepanjang hari dan kesehatan secara umum. Saat bangun, tubuh kekurangan gula darah yang dibutuhkan untuk membuat otot dan otak kita bekerja dengan keras.

Metabolisme ketika itu umumnya lambat, tetapi pada saat yang sama lebih mudah menyerap lebih banyak nutrisi. Ahli gizi Rujeta Diwekar menyarankan sarapan sehat dengan segenggam kacang almond dan kismis, diikuti dengan minum segelas air hangat.

Alasannya, almond adalah sumber protein nabati. Khasiatnya membantu melancarkan pencernaan karena melepaskan enzim lipase dan membantu pencernaan lemak. Manfaat lain, mengurangi gejala PMS, perut kembung, dan gangguan pencernaan.

Sedangkan kismis hitam yang manis ampuh mengurangi kerontokan serta dapat membantu mengurangi jumlah kotoran dalam darah. Tekanan darah tinggi serta anemia pun bisa dicegah. Secara umum, buah kering kaya zat besi dan antioksidan.

Alih-alih minum kopi atau teh wajib untuk memulai hari, beralihlah minum air hangat, teh lemon, atau teh jahe karena dapat membantu meningkatkan metabolisme. Minuman tersebut juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh serta menjauhkan dari pilek dan flu.

Makanan dan minuman yang harus dihindari saat perut kosong antara lain menu dengan kandungan gula tinggi, bahan kimia tambahan yang ekstrem, serta soda. Mengonsumsi itu semua saat perut kosong bisa membuat mual dan kembung.

Menu pedas dan berminyak untuk sarapan juga tidak dianjurkan saat perut kosong sebab bisa mengiritasi lapisan perut dan memicu keasaman. Begitu pula minuman dingin seperti es kopi atau es teh karena merusak selaput lendir dan memperlambat pencernaan.

Meski salad disinyalir membantu menurunkan berat badan, tapi makan sayur mentah dengan perut kosong kurang baik. Sistem pencernaan akan bekerja lebih keras sehingga memicu sakit perut dan perut kembung. Jika sayuran tidak dibersihkan dengan benar juga dapat menyebabkan infeksi usus.

Pantangan lain ketika perut kosong adalah buah jeruk, lantaran bisa menghasilkan produksi asam berlebih.  Buah-buahan juga merupakan sumber serat sehingga dapat memberi beban ekstra pada perut apabila dikonsumsi saat perut kosong, dikutip dari laman The Federal, Selasa (25/5).

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement