Satpol PP Kota Madiun Tertibkan Reklame Langgar Perda

Red: Ratna Puspita

Ilustrasi Satpol PP
Ilustrasi Satpol PP | Foto: Foto : MgRol112

REPUBLIKA.CO.ID, MADIUN -- Petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Madiun, Jawa Timur, menertibkan sejumlah reklame bermasalah di wilayah kerjanya yang melanggar peraturan daerah setempat. "Ini merupakan kegiatan rutin dalam upaya penegakan aturan untuk menertibkan reklame melanggar. Dalam kesempatan ini terdapat 18 reklame melanggar yang berhasil ditertibkan," ujar Kepala Satpol PP dan Damkar Kota Madiun Sunardi Nurcahyono, di Madiun, Rabu (26/5).

Menurut dia, reklame melanggar yang ditertibkan tersebut, karena berbagai sebab, seperti papan reklame tidak berizin, sudah kedaluwarsa, atau terpasang bukan pada tempatnya. Satpol PP Madiun menyebutkan belasan reklame bermasalah tersebut ditertibkan di tiga titik Kota Madiun, yakni di Jalan Serayu, Simpang Empat Te'an, dan Simpang Gajah-Gajah.

Sunardi menyebut untuk menertibkan reklame melanggar, pihaknya selalu berkoordinasi dengan Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu terkait perizinan. Petugasnya lalu berkeliling untuk memastikan reklame yang memang sudah lewat masa perizinannya.

Pemilik reklame juga diberikan surat pemberitahuan untuk menertibkan secara mandiri. Jika itu tidak dilakukan, reklame terpaksa ditertibkan oleh petugas.

Baca Juga

"Jadi tidak asal ditertibkan. Ada data yang jelas dan diawali pemantauan terlebih dahulu. Pemilik juga kami berikan surat pemberitahuan," katanya pula.

Sunardi mengimbau pemilik reklame untuk mengikuti aturan, yakni reklame wajib berizin dan berada di tempat yang semestinya. Namun, diamengakui, masih banyak pemilik reklame yang tidak patuh. 

Selain tak mengurus izin, ada juga yang memasang pada pohon dan tempat lain sebagainya yang jelas melanggar aturan serta mengganggu keindahan. Sunardi menegaskan tidak ada toleransi untuk pemasangan reklame yang seperti itu.

"Reklame merupakan salah satu sumber pendapatan daerah. Tetapi, tetap harus sesuai aturan," katanya pula.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


Satpol PP DIY Kewalahan Tegakkan Prokes di Destinasi Wisata

Langgar Prokes, Toko dan Mal di Solo Diberi Surat Peringatan

17 Kafe Esek-esek di Jakarta Utara Dibongkar Satpol PP

Menggelandang di Bali, Bule Italia Ini Ditangkap Satpol PP

Satpol PP Tutup Sejumlah Area Publik di Palembang

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark