Rabu 02 Jun 2021 21:34 WIB

Perumpamaan Muslim yang tak Mampu Pertahankan Kebaikannya

Allah SWT berikan permisalan Muslim yang gagal pertahankankan kebajikannya

Rep: Andrian Saputra/ Red: Nashih Nashrullah
Allah SWT berikan permisalan Muslim yang gagal pertahankankan kebajikannya. Ilutrasi kebajikan
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Allah SWT berikan permisalan Muslim yang gagal pertahankankan kebajikannya. Ilutrasi kebajikan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA- Seorang Muslim yang telah memperoleh kebaikan namun tidak mampu meningkatkan atau justru kebaikan tersebut berkurang terus maka seperti seseorang yang menguraikan kembali benang yang sudah dipintal dengan kuat sebagaimana disebutkan pada surat An Nahl 92. 

وَلَا تَكُونُوا كَالَّتِي نَقَضَتْ غَزْلَهَا مِنْ بَعْدِ قُوَّةٍ أَنْكَاثًا تَتَّخِذُونَ أَيْمَانَكُمْ دَخَلًا بَيْنَكُمْ أَنْ تَكُونَ أُمَّةٌ هِيَ أَرْبَىٰ مِنْ أُمَّةٍ ۚ إِنَّمَا يَبْلُوكُمُ اللَّهُ بِهِ ۚ وَلَيُبَيِّنَنَّ لَكُمْ يَوْمَ الْقِيَامَةِ مَا كُنْتُمْ فِيهِ تَخْتَلِفُونَ

Baca Juga

“Dan janganlah kamu seperti seorang perempuan yang menguraikan benangnya yang sudah dipintal dengan kuat, menjadi cerai berai kembali, kamu menjadikan sumpah (perjanjian)mu sebagai alat penipu di antaramu, disebabkan adanya satu golongan yang lebih banyak jumlahnya dari golongan yang lain. Sesungguhnya Allah hanya menguji kamu dengan hal itu. Dan sesungguhnya di hari kiamat akan dijelaskan-Nya kepadamu apa yang dahulu kamu perselisihkan itu.”   

Maka dari itu, menurut pendiri Pusat Studi Alquran (PSQ) Jakarta, Prof Quraish Shihab, yang terpenting setelah berlalunya Ramadhan adalah peningkatan ruhaniyah dalam mendekatkan diri kepada Allah. 

Akan tetapi dalam peningkatan amal kebaikan, ibadah, ada yang perlu disadari setiap Muslim yaitu agar jangan mempunyai pandangan atau mengandalkan amal-amal yang dikerjakan sebagai yang akan menyelamatkan diri di akhirat dan memasukan ke surga. 

Sebab menurut, Prof Quraish, bisa jadi amal yang dikerjakan tidak memenuhi syarat yang dikehendaki Allah atau karena terdapat sifat riya. Selain itu dia mengatakan bahwa tidak ada seorang pun yang masuk surga karena amalnya. Tetapi hanya karena rahmat Allah, maka seorang hamba dapat masuk ke dalam surganya. 

Itu sebabnya orang-orang saleh terdahulu mengajarkan doa memohon ampun kepada Allah dan meyakini bahwa ampunan Allah lebih luas dari dosa-dosa yang dikerjakannya. Serta menyadari bahwa rahmat Allah lebih diandalkan dibanding amal-amal yang dikerjakannya.

"Dengan selesainya Ramadhan jangan kita mengandalkan amal kita. Tetapi kita disuruh optimis, kita ingin tingkatkan diri kita, dari takwa pertama ke takwa kedua. Kita menambah lagi iman, itu harus diusahakan," jelasnya. 

Lebih lanjut Prof Quraish mengatakan mencapai keimanan ketakwaan yang lebih tinggi harus terus diusahakan. Para sufi  mengajarkan bahwa menuju Allah adalah perjalanan mendaki. Karenanya seseorang jangan membawa beban dalam perjalanan. Dosa adalah beban yang harus ditinggalkan seorang hamba untuk menuju Allah. 

Semakin tinggi, maka banyak ketakutan dan rayuan untuk berhenti dan turun. Sehingga menurutnya persoalan utama untuk meningkatkan kebaikan-kebaikan adalah tekad yang kuat dari seorang hamba. Karenanya seorang hamba dapat memulainya dengan mengenali dirinya terlebih dulu untuk selanjutnya dapat mengetahui kelemahan diri dan tantangan yang dihadapi untuk meningkatkan ketakwaan. Ini sebagaimana firman Allah dalam surat As Syams ayat 8-10. 

فَأَلْهَمَهَا فُجُورَهَا وَتَقْوَاهَا قَدْ أَفْلَحَ مَنْ زَكَّاهَا وَقَدْ خَابَ مَنْ دَسَّاهَا “Maka Allah mengilhamkan kepada jiwa itu (jalan) kefasikan dan ketakwaannya. Sesungguhnya beruntunglah orang yang mensucikan jiwa itu, dan sesungguhnya merugilah orang yang mengotorinya.”      

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement