Basarnas Gelar SAR Goes to School di Cilacap

Red: Muhammad Fakhruddin

Basarnas Gelar SAR Goes to School di Cilacap (ilustrasi).
Basarnas Gelar SAR Goes to School di Cilacap (ilustrasi). | Foto: ANTARA/Adeng Bustomi

REPUBLIKA.CO.ID,CILACAP -- Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP/Basarnas) Cilacap menyelenggarakan kegiatan SAR Goes to School di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kampung Laut, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, guna memperkenalkan tugas dan fungsi Basarnas kepada generasi muda.

"Meski kegiatannya dibuka pada hari Rabu (2/6), seluruh materi kami sampaikan hari ini (4/6) mulai pukul 07.00 WIB sampai selesai," kata Kepala KPP Cilacap I Nyoman Sidakarya di Cilacap, Jumat (4/6).

Selain diperkenalkan mengenai tugas dan fungsi Basarnas, kata dia, seluruh peserta yang terdiri dari 20 guru pendamping dan 70 siswa/siswi SMAN 1 Kampung Laut itu, juga mendapatkan pengetahuan tentang upaya yang harus dilakukan dalam menghadapi bencana, khususnya pertolongan di air (water rescue).

Ia berharap dengan mendapatkan materi tentang water rescue dasar atau pertolongan di air, seluruh siswa/siswi yang terlibat dalam kegiatan tersebut mampu menyelamatkan diri sendiri saat berada dalam kondisi membahayakan jiwa terutama di wilayah perairan.

"Materi yang diberikan, yakni pengenalan perahu karet dan motor tempel, teknik pertolongan, pengenalan teknik defense and release, pengenalan teknik penanganan perdarahan, serta pengenalan teknik penanganan patah tulang," katanya.

Lebih lanjut, Nyoman mengatakan selain operasi SAR, salah satu tugas KPP/Basarnas Cilacap yang berada di bawah Direktorat Potensi Basarnas adalah melaksanakan sosialisasi tentang pencarian dan pertolongan kepada masyarakat, termasuk kepada anak-anak sejak usia dini.

Oleh karenanya, kata dia, pihaknya melaksanakan program SAR Goes to School ke setiap sekolah yang rawan terjadi musibah, sehingga diharapkan akan menumbuhkan kesadaran masyarakat tentang keselamatan diri khususnya kepada siswa/siswi.

"Semoga kegiatan ini bisa berlangsung dengan baik dan para siswa bisa menerima materi sebaik-baiknya, sehingga dapat memahami bagaimana harus bertindak jika menghadapi bencana," katanya.

Sementara itu, Kepala SMAN 1 Kampung Laut Sukoya berharap kegiatan SAR Goes to School tersebut bisa menambah pengetahuan tentang SAR sejak usia dini.

"Kami akan selalu berkoordinasi dengan Basarnas Cilacap apabila ada masyarakat atau siswa yang membutuhkan jasa di bidang SAR," katanya.

sumber : ANTARA
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


Kapal Nelayan Indonesia Alami Kecelakaan di Samudera Hindia

Basarnas Siagakan Personel di Kawasan Pantai Selatan

13 Awak Kapal Asing di Cilacap Positif Covid-19

Pemkab Cilacap Izinkan Warganya Mudik Lokal

Lima Anggota SAR Diterjunkan Cari Korban Longsor

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark